Padangpariaman Laksanakan Tiga Jenis Vaksin Cegah Penularan Penyakit Hewan ke Manusia

id Bustanil Arifin

Padangpariaman Laksanakan Tiga Jenis Vaksin Cegah Penularan Penyakit Hewan ke Manusia

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Padangpariaman, Bustanil Arifin. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat melaksanakan tiga jenis vaksinasi terhadap hewan selama 2017 guna menekan berjangkitnya penyakit menular dari binatang di daerah itu.

"Pelaksanaan vaksinasi itu bertujuan agar penyakit-penyakit mematikan dari hewan tidak menyerang manusia dan hewan lainnya," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Padangpariaman, Bustanil Arifin di Parit Malintang, Selasa.

Ia menyebutkan tiga jenis vaksinasi yang dilakukan tersebut yaitu flu burung, rabies, dan jembrana.

Setidaknya dalam tahun ini pihaknya telah memvaksin lima ribu ekor unggas dengan anggaran Rp40 juta guna menekan penyebaran kasus flu burung di daerah itu.

Sedangkan untuk rabies, lanjutnya pihaknya telah memvaksin 3.200 ekor anjing peliharaan dan liar dengan anggaran Rp30 juta.

Lalu untuk kasus jembrana, pihaknya memvaksin 3.500 ekor sapi agar penyakit tersebut tidak menyerang sapi lainnya.

Namun untuk vaksinasi jembrana pihaknya tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah itu karena keterbatasan anggaran, katanya.

"Vaksin jembrana berasal dari provinsi," ujar dia.

Ia mengimbau warga untuk segera melapor kepada dinas tersebut apabila melihat binatang peliharaannya sakit agar pihaknya dapat mengantisipasi beredarnya penyakit menular dari hewan di daerah itu.

Ia menyebutkan untuk memeriksa kesehatan hewan pihaknya telah memiliki petugas di 17 kecamatan yang ada di daerah itu.

"Pemeriksaan pun gratis apabila warga berkumpul pada suatu tempat untuk memeriksa kesehatan peliharaannya," ujar dia. (*)