Gubernur Bersama Tiga Kepala Daerah Terima Leadership Award, Mewakili Sumbar

id #penghargaan #kepemimpinan #kepala daerah

Gubernur Bersama Tiga Kepala Daerah Terima Leadership Award, Mewakili Sumbar

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Jakarta (antara) Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama tiga kepala daerah di provinsi itu, menerima penghargaan Leadership Award tingkat nasional 2017 dari Menteri Dalam Negeri, Senin (18/12).

Sedangkan tiga kepala daerah dari Sumatera Barat, meliputi Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Agam Indra Catri dan Waii Kota Payakumbuh Reza Fahlepi.

"Benar, empat di antaranya kepala daerah di Sumbar, dan malam ini penghargaan Leadership Award tingkat nasional diserahkan," kata salah seorang Tim Penilai Independen Leadership Award 2017, Aat Surya Safaat ketika dikonfirmasi, Senin malam.

Penerima penghargaan Kepemimpinan Kepala Daerah itu secara nasional berjumlah 24 orang terdiri atas level gubernur, bupati dan wali kota.

Ia mengatakan, proses penilaian sudah berlangsung selama tiga bulan terakhir dilakukan tim, yang turun langsung observasi ke daerah-daerah melakukan penilaian.

Leadership Award merupakan program prioritas nasional 2017 yang penyelenggaranya oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Otonomi Daerah (Puslitbang Otda) Kementerian Dalam Negeri.

Tujuan pemilihan ini, kata wartawan senior itu, guna mencari "mutiara mutiara" di daerah yang nantinya dapat menjadi calon-calon pemimpin bangsa di masa depan.

Selain itu, kepala daerah yang mendapatkan penghargaan bisa menjadi contoh dan teladan bagi kepala daerah yang lainnya.

Aat menyampaikan, dalam proses pemilihannya diserahkan kepada Tim Penilai Independen (TPI) yang melibatkan unsur profesional dan akademisi.

Ketua TPI adalah Prof. Dr. R Siti Zuhro MA dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan anggota Dr. Margaretha Ari Anggorowati dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Badan Pusat Statistik (BPS), Prof. Dr. Muchlis Hamdi dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Kemudian anggota lainnya Rektor Universitas Paramadina Prof. Dr. Firmanzah dan Ketua Umum Rumah Kreatif Indonesia Hebat (RKIH) Kris Budiharjo, serta Ketua Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Robert Endi Jaweng.***