Hipmi Harapkan Perbankan Hadirkan Formulasi Agunan Pembiyaan

id Hipmi

Ketum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2018 Bahlil Lahadalia (tengah) didampingi pengurus baru Irfan Anwar (kiri) dan Yuke Yurike melakukan jumpa pers di sela acara Diklat dan Orientasi Pengurus BPP HIPMI masa bakti 2015-2018 di Jakarta, Rabu (1/4). HIPMI rencananya akan melantik 99 Badan Pengurus Harian HIPMI dan 55 pengurus di badan otonom. ANTARA FOTO/Fanny Octavianus/mes/15.

Padang, (Antara Sumbar ) - Ketua Umum (Ketum) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia, mengharapkan perbankan menghadirkan formulasi baru terkait agunan pembiayaan pada era digital saat ini.

"Pada era digital sekarang perbankan harus menghadirkan formulasi pemberian pinjaman yang agunannya tidak lagi memandang kepada aset. Hal itu akan menjadi kendala bagi pelaku ekonomi kreatif serta usaha berbasis digital," kata Bahlil Lahadalia, di Padang, Senin.

Karena, katanya, pelaku ekonomi kreatif akan kesulitan ketika dihadapkan pada jaminan berupa aset. Mengingat usaha demikian bertitik berat pada keterampilan dan pemikiran.

"Inilah tugas Hipmi ke depan, mendorong hadirnya formulasi tentang pinjaman itu oleh perbankan," katanya.

Ia mengatakan hal itu untuk menunjang upaya pemerintah yang terus melakukan langkah mempermudah permodalan.

Seperti menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 22 persen per tahun menjadi sembilan persen per tahun, dan dicanangkan pada 2018 turun menjadi tujuh persen.

Hal ini, katanya, akan meningkatkan daya saing para pelaku ekonomi kreatif di era digital. Sehingga bisa berusaha secara mandiri dan tidak selalu digaet oleh investor luar negeri.

"Pengusaha besar luar negeri sudah terbiasa dengan aplikasi dan ekonomi kreatif, sementara kita belum banyak yang fokus untuk menampung pelaku-pelaku usaha ini, akhirnya diakuisisi. Ini harus jadi perhatian," katanya.

Ia menyebutkan era digital tidak bisa dihindari dan kedatangannya mengubah pola kehidupan, salah satunya pola belanja masyarakat.

Sebelumnya, kedatangan Bahlil Lahadalia ke Padang untuk melantik pengurus Hipmi Sumbar periode 2017-2030, dengan Ketua Umum M Iqra Chissa.
Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar