Pengembangan Pendidikan Tinggi, Kopertis-X Sepakati Kerja Sama Kampus Swasta-Negeri

id Kopertis X

Pengembangan Pendidikan Tinggi, Kopertis-X Sepakati Kerja Sama Kampus Swasta-Negeri

Koordinator Kopertis X Herri. (ANTARA SUMBAR/ M R Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X menyepakati kerja sama dengan kampus negeri yakni Universitas Andalas (Unand), Politeknik Negeri Padang, dan Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia guna memperkuat pengembangan pendidikan tinggi.

"Ini menjadi kesepakatan yang melibatkan puluhan kampus swasta di empat provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau dengan kampus negeri dan mancanegara," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri, di Padang usai menandatangani nota kesepahaman antara Kopertis dan tiga kampus tersebut di Padang, Senin (18/12).

Arah kerja sama ini dalam hal pembinaan oleh kampus negeri bereputasi seperti Unand dan Politeknik Negeri Padang kepada kampus swasta untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Bukan hanya itu juga sebagai langkah dalam upaya memperkuat sumber daya manusia yang ada di kampus baik mahasiswa dan dosennya.

Ada 72 kampus yang bekerja sama dengan Unand, 60 dengan Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia dan 53 dengan Politeknik Negeri Padang.

"Pembinaan untuk kampus swasta ini penting mengingat di lingkungan Kopertis X dinilai masih minim secara kualitas," ujarnya.

Sebagai gambaran saat ini baru 12 program studi yang bernilai akreditasi A dari 800 jumlah keseluruhan, dan belum ada satu pun institusi dari 249 yang mendapat akreditasi A.

Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, kampus swasta di lingkungan Kopertis X meningkat kualitasnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Unand Prof Dachriyanus menyambut baik adanya kerja sama dengan Kopertis tersebut.

Menurutnya hal ini juga bagian dari tujuan Unand ikut memeratakan pendidikan tinggi di Indonesia.

Dia berharap akan lahir mahasiswa dan dosen berprestasi dari kampus swasta di wilayah Kopertis X. (*)