Ratusan Peserta Ikuti Napak Tilas Peringati HBN

id Hari Bela Negara

Ratusan Peserta Ikuti Napak Tilas Peringati HBN

Pembukaan Napak Tilas Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dalam rangka peringatan Hari Bela Negara (HBN) 2017. (ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 397 peserta mengikuti Napak Tilas dalam rangka memperingati Hari Bela Negara (HBN) yang diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpol dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kepala Kantor Kesbangpol Tanah Datar, Irwan dalam pembukaan kegiatan di Batusangkar, Senin (18/12), mengatakan Napak Tilas tersebut menempuh jarak sepanjang 23 kilometer dengan estimasi perjalanan selama tujuh hingga delapan jam.

"Selain Napak Tilas, peringatan HBN yang jatuh pada 19 Desember ini juga diisi dengan rangkaian acara seperti upacara, drama kolosal dan peletakan batu pertama pembangunan tugu perjuangan YBJ 6," katanya.

Peserta merupakan gabungan dari siswa SLTA se Tanah Datar, FKPPI, Pemuda Pancasila, Tagana, Petugas Siaga Bencana, Polisi, Kodim, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, KNPI dan RAPI.

Sementara beberapa daerah yang dilewati dimulai dari Sungai Salak dengan melewati 6 Pos, yakni Puncak Sungai Salak, Bukik Martobak II, Pintu Rimbo Bukik Martobak, Simpang Empat Tapi Selo dan terakhir Bendungan Batang Sinamar.

"Upacara penutupan nantinya akan dilaksanakan di lapangan dekat lokasi monumen YBJ 6 yang dikoordinir oleh Kodim 0307 Tanah Datar," ujarnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan atas ide Forkompida maka napak tilas tahun ini sedikit berbeda dan diharapkan generasi muda dapat mewarisi semangat perjuangan.

Ia menyebutkan memperingati HBN tidak hanya pada setiap tanggal 19 Desember saja, akan tetapi harus diperingati setiap waktu untuk menggambarkan bentuk cinta kepada Negara Republik Indonesia.

Menurutnya perjalanan napak tilas ini nantinya akan memberikan gambaran terhadap peserta bagaimana perjuangan para pejuang dahulunya.

"Semoga seluruh peserta dapat mengambil pelajaran yang positif dari perjalanan ini," katanya. (*)