DPRD Payakumbuh : Jadikan Momen HUT Untuk Membenahi Kekurangan

id DPRD Payakumbuh

Rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan HUT daerah itu yang ke-47. Foto Antara Sumbar/Mardikola Tri Rahmad/Ist.

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - DPRD Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), mengajak semua elemen agar menjadikan momen Hari Ulang Tahun (HUT) daerah untuk membenahi semua kekurangan yang terjadi selama ini.

"Usia 47 tahun telah menunjukkan kedewasaan dan kemapanan, namun masih banyak kekurangan yang harus disempurnakan demi mengukir serta merubah wajah Kota Payakumbuh sehingga dapat sejajar dengan kota-kota lainnya," kata Ketua DPRD Kota Payakumbuh Yendri Bodra, Minggu.

Hal itu dikatakannya saat rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan HUT daerah itu yang ke-47 di Kantor DPRD setempat.

Ia mengatakan deretan prestasi dan penghargaan yang diraih, baik tingkat nasional maupun Sumbar belum cukup bahkan belum bisa dijadikan indikator keberhasilan atau kemajuan Kota Payakumbuh.

Namun, kata dia jika semua komponen masyarakat dapat memaksimalkan peran serta partisipasinya pada setiap pembangunan, maka hal itu yang dapat dikatakan sebagai sebuah prestasi atau penghargaan.

"Untuk meraih hal itu, perlu adanya sinergi yang baik dan teratur antara semua unsur, mulai dari pemerintah dan DPRD, karena kondisi tersebut akan menjadi acuan bagi masyarakat untuk mengambil peran atau keikutsertaannya dalam pembangunan," kata dia.

Ia menambahkan, sebagai daerah yang berbenah atau menggeliat, Payakumbuh termasuk salah satu kota yang diperhitungkan di tingkat Sumbar, maupun nasional.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan peringatan hari jadi daerah itu bukan hanya sebuah acara seremonial, melainkan ada sebuah gagasan besar yang ingin diperbuat untuk kemajuan daerah.

Ia mengatakan, selain fokus kepada pelayanan dasar bagi masyarakat, Kota Payakumbuh bekerja sama dengan Pemkab Limapuluh Kota untuk mewujudkan gagasan besar tersebut.

Ada sembilan potensi yang dapat dikerja samakan, yakni bidang pemerintahan, infrastruktur, budaya, pariwisata, olahraga, kehutanan dan lingkungan hidup, ekonomi, pendidikan, kesehatan, penanggulangan bencana, serta kamtibmas.

Wako menambahkan sebagaimana diatur UU nomor 23 Tahun 2014, kerja sama antar daerah yang berbatasan itu untuk penyelenggaraan urusan pemerintahan yang memiliki eksternalitas lintas daerah untuk meningkatkan pelayanan publik agar lebih efisien jika dikelola bersama.

Rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan HUT daerah itu yang ke-47 itu dihadiri Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Staf Ahlinya Jefrinal Arifin, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi beserta wakilnya Erwin Yunaz, mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh, pimpinan instansi verstikal di daerah itu, jajaran OPD di Lingkungan Pemkot Payakumbuh, Ormas, LSM, dan tokoh masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar