Agam Gelar Kontes Sapi Unggulan Tingkatkan Kualitas

id sapi

Salah seorang dewan juri sedang mengukur sapi simental saat kontes sapi unggulan di Gor Rang Agam, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sabtu (16/12) (Ist)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar kontes sapi unggulan yang diikuti oleh para peternak di empat kecamatan di daerah itu dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas sapi agar memiliki daya jual yang lebih tinggi.

Kepala Dinas Peternakan Agam, Afdhal di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan, kontes sapi unggulan itu diikuti sebanyak 32 ekor sapi jenis peranakan ongol (PO), simental dan Bali.

"Bagi pemenang nantinya akan mendapatkan tabanas dan tropi," katanya.

Kegiatan itu dalam rangka memeriahkan gerakan nagari elok sejahtera (NES) ke dua digelar di Gor Rang Agam Lubukbasung, Sabtu (16/12).

Kegiatan itu untuk memberikan motivasi kepada peternak untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas sapi kedepan sehingga memiliki daya jual yang lebih tinggi.

"Ini target kita dalam mengadakan kontes tersebut," katanya.

Salah seorang dewan juri, Desriati menambahkan, kategori sapi yang dilombakan itu yakni, sapi PO jantan dan betina, simental jantan dan betina, Bali jantan yang betina yang sudah ada standar SNI nya.

Sedangkan sistem penilaian yang dilakukan berupa kualitas dan kuantitatif. Untuk kualitas yang dinilai kepala, leher warna kulit.

Penilaian selanjutnya dada, punggung, pinggang, pinggul, paha, kaki dan lainnya.

Sementara penilaian sistem kuantitatif yang akan dinilai tinggi badan, panjang badan, lingkar dada, dalam dada, lebar pinggul dan berat.

"Semua penilaian itu dengan nilai lima poin," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar