Puskesmas Ophir Pasaman Barat Lakukan Imunisasi Cegah Difteri

id imunisasi

Petugas Puskesmas Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat saat melalukan imunisasi untuk mencegah virus difteri. ( Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Puskesmas Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan kegiatan imunisasi dan pemantauan perkembangan seluruh balita di wilayah kerjanya untuk mengantisipasi penyebaran virus difteri.

"Kami juga melakukan sweeping balita yang belum melengkapi imunisasi. Jika bertemu kami lakukan imunisasi langsung," kata Kepala Puskesmas Ophir Darwanis di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan puluhan ibu-ibu di Jorong Pujarahu terlihat antusias mendatangi posyandu dan kegiatan imunisasi yang digelar oleh petugas dari Puskesmas Ophir.

Jika dibandingkan dengan beberapa waktu sebelumnya partisipasi masyarakat terlihat meningkat untuk datang memeriksakan kesehatan balita mereka atau sekedar berkonsultasi.

Hal itu disebabkan adanya temuan kasus positif difteri di Pasaman Barat dan daerah lainnya di Sumbar.

Menurutnya meski di Pasaman Barat ditemukan satu kasus positif difteri. Namun khusus untuk Kecamatan Luhak Nan Duo pigaknya belum menemukannya kasus yang sama atau gejala yang mungkin mendekati ciri-ciri penularan difteri.

"Meski demikian, kita tetap melakukan langkah antisipasi dengan cara meningkatkan pelayanan posyandu dan imunisasi kepada masyarakat yang memiliki balita," ujarnya.

Ia menjelaskan masyarakat Kecamatan Luhak Nan Duo yang memiliki balita terbilang sangat aktif mendatangi posyandu untuk memeriksakan kesehatan balita mereka.

Ia berharap imunisasi hendaknya menjadi perhatian bersama terutama ibu atau keluarga yang memiliki balita.

Masyarakat diminta melengkapi imunisasi balita agar memiliki ketahanan imun yang kuat. Disisi lain masyarakat diminta melaporkan atau mengajak masyarakat yang apatis untuk melakukan imunisasi untuk mendatangi posyandu atau puskesmas terdekat

Sementara itu Ketua Penggerak PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran mengajak seluruh ibu ibuk rutin melakukan imunisasi terhadap balita. Hal itu guna mencegah penyakit dan memperkuat imun anak.

"Virus difteri sangat berbahaya. Salah satu upaya pencegahan adalah dengan imunisasi lengkap," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar