Irwan Prayitno: Persoalan Palestina Isu Dunia

id Irwan Prayitno

Irwan Prayitno: Persoalan Palestina Isu Dunia

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyatakan persoalan Palestina sudah menjadi isu dunia karena hal itu menyangkut penegakan hak asasi manusia.

"Dalam konferensi OKI telah dinyatakan penolakan sikap atas kebijakan Presiden Amerika Serikat Donal Trump yang memindahkan ibu kota Israel ke Yerusalem," kata Irwan di Padang, Jumat (15/12) saat berorasi pada aksi yang digelar Aliansi Masyarakat Sumbar Peduli Palestina.

Menurutnya dalam konferensi OKI para kepala negara telah ditegaskan penolakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Ini suara dunia untuk menegakan keadilan," katanya.

Ia mengatakan Masjid Al Aqsha yang berada di Palestina merupakan kiblat pertama umat Islam yang tidak mungkin keberadaanya dihapus dari peta dunia.

"Hari ini umat Islam sebagai bagian dari masyarakat dunia harus bersatu menyuarakannya," katanya.

Sementara Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan apa yang dilakukan oleh Israel saat ini merupakan sebentuk pelanggaran hak asasi manusia.

"Masyarakat Sumbar menolak penjajahan karena ini bertentang dengan UUD 1945," kata dia.

Dalam aksi yang di digelar Aliansi Masyarakat Sumbar Peduli Palestina tersebut ratusan warga Padang tersebut diawali dengan aksi jalan kaki dari Masjid Nurul Iman Padang menuju Kantor Gubernur yang berjarak sekitar dua kilometer.

Sepanjang jalan para peserta aksi menggelar orasi dan yel-yel dukungan kepada perjuangan Palestina serta menggalangan dana.

Aliansi Masyarakat Sumbar Peduli Palestina terdiri atas kumpulan ormas yaitu Komite Nasional untuk Rakyat Palestina, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus, Ikatan Dai Indonesia Sumbar, Jaringan Sekolah Islam Terpadu, Assalam Sumbar, Dewan Dakwah Islam Indonesia dan lainnya. (*)