Gubernur Ingatkan Persoalan Pribadi Jangan Rusak Kerukunan Beragama

id Irwan Prayitno

Gubernur Ingatkan Persoalan Pribadi Jangan Rusak Kerukunan Beragama

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengingatkan kerukunan umat beragama di daerah itu harus dijaga bersama-sama, jangan sampai rusak hanya karena persoalan yang bersifat pribadi.

"Selama ini hubungan antara umat beragama di Sumbar sangat harmonis dan damai. Kalau ada gesekan yang menimbulkan konflik, itu urusan pribadi. Ke depan, hal itu harus diminimalkan," kata dia di Padang, Jumat (15/12).

Ia mengatakan itu saat menghadiri pengukuhan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FKB) Sumbar di Padang.

Menurutnya FKUB memiliki peran strategis dalam menjaga kerukunan umat di Sumbar. Semua permasalahan yang berpotensi menimbulkan konflik antara umat diselesaikan dengan cara komunikasi.

"Komunikasi adalah kuncinya. Ini yang harus dipegang oleh FKUB," pesannya.

Irwan juga mengimbau masyarakat Sumbar jika ada konflik yang terjadi di tengah masyarakat, jangan langsung dibawa ke ranah hukum namun selesaikan dengan jalan musyawarah.

Selain itu, konflik yang terjadi karena urusan pribadi, jangan dibawa-bawa ke ranah agama maupun ras, karena akan menjadi masalah besar yang berbuntut panjang.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumbar, Nazwir menambahkan konflik yang terjadi di Sumbar tidak terlalu menonjol. Kalaupun ada pada beberapa daerah rawan, itu bisa segera disikapi.

"Kita berharap ke depan, potensi konflik ini, terutama yang berkaitan dengan agama dan ras, bisa dideteksi lebih cepat dan diselesaikan dengan cara kekeluargaan," lanjut dia. (*)