RSU Tapan Usulkan Rp50 Miliar Bangun Laboratorium, Masjid dan Ruang VIP

id Sutarman

RSU Tapan Usulkan Rp50 Miliar Bangun Laboratorium, Masjid dan Ruang VIP

Direktur RSU Pratama Tapan, Sutarman. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Pejabat Rumah Sakit Umum (RSU) Pratama Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengusulkan anggaran sebesar Rp50 miliar kepada Kementerian Kesehatan untuk melengkapi sarana dan prasarana rumah sakit itu.

"Saat ini di RSU Pratama Tapan hanya terdapat satu gedung utama, untuk menunjang pelayanan kami telah mengajukan Rp50 miliar ke Kementerian Kesehatan untuk menambahnya," kata Direktur RSU Pratama Tapan, Sutarman di Painan, Jumat.

Ia menambahkan anggaran yang diajukan rencananya ditujukan untuk membangun laboratorium, masjid, ruang layanan VIP dan lainnya.

Menurutnya, saat ini hanya tinggal menunggu anggaran karena lahan untuk membangunnya sudah disiapkan.

"Di RSU Pratama Tapan terdapat lahan seluas empat hektare yang baru digunakan hanya satu hektare jadi terkait lahan sebenarnya tidak masalah," ujarnya.

Kendati demikian sebutnya, kabar baik telah didapatkan dari pejabat Kementerian Kesehatan yang menyebutkan bahwa anggaran itu direalisasikan pada 2019.

"Mudah-mudahan tidak ada perubahan sehingga RSU Pratama Tapan benar-benar bisa melayani masyarakat tidak hanya sarana, namun juga prasarana yang lengkap," katanya lagi.

Selain berupaya melengkapi prasarana, pihaknya juga mengupayakan rumah sakit setempat naik status menjadi tipe C yang saat ini masih tipe D.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi agar rumah sakit itu menjadi tipe C ialah tersedianya empat dokter spesialis yang bertugas di sana yaitu spesialis bedah, penyakit dalam, kandungan dan anestesi.

Menurut Sutarman, rencana tersebut direspon dengan cukup baik oleh pejabat Kementerian Kesehatan. (*)