Istana Basa Pagaruyuang Diprediksi Ramai Saat Libur Akhir Tahun

id pagaruyuang

Istana Basa Pagaruyuang Diprediksi Ramai Saat Libur Akhir Tahun

Istana Basa Pagaruyuang. (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Tingkat kunjungan ke objek wisata Istana Basa Pagaruyuang Tanah Datar, Sumatera Barat, diprediksi mencapai puncak pada minggu terakhir Desember 2017 hingga awal Januari 2018.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Istano Basa Pagaruyuang, Ridwan di Batusangkar, Kamis, mengatakan hal tersebut berkaitan dengan libur panjang pada pergantian tahun 2017.

"Biasanya peningkatan akan terlihat pada minggu terakahir yang dimulai dengan libur Natal dan tahun baru," katanya.

Ia menyebutkan untuk menyambut libur panjang tersebut pihaknya tidak menyiapkan pelayanan khusus, sebab pelayanan selama ini dinilai sudah cukup untuk melayani setiap pengunjung yang datang.

Menurut dia, saat ini pihak Istano Pagaruyuang memiliki tiga orang pemandu, akan tetapi semua petugas yang ada juga bisa memberikan informasi yang dibutuhkan, seperti para photographer.

"Seluruh petugas yang ada di sekitar Istano Pagaruyuang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung," ujarnya.

Selanjutnya ia mengatakan, selama tahun 2017 Istana sudah dikunjungi oleh 340 ribu lebih pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri.

Menurut dia, kunjungan tersebut masih didominasi oleh wisatawan dalam negeri dengan jumlah lebih dari 316 ribu pengunjung dan wisatawan mancanegara sebanyak 21 ribu orang lebih.

"Berdasarkan data sejak Januari hingga November 2017, tercatat sebanyak 316.161 pengunjung dari dalam dan luar negeri datang mengunjungi Istana Pagaruyuang," kata dia.

Sementara itu salah seorang pengunjung Istana Pagaruyuang asal Jakarta, Atikah (48) mengatakan ia sengaja menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pagaruyuang bersama rombongan karena ingin melihat kemegahan arsitektur bangunan istana.

"Bangunan Istana Pagaruyuang sangat unik, selain itu saya juga dapat menggunakan pakaian adat Minang untuk berfoto di depan dan dalam istana," katanya. (*)