900 Ribu Wisatawan Kunjungi Tanah Datar Sepanjang 2017

id Istano Basa Pagaruyung

900 Ribu Wisatawan Kunjungi Tanah Datar Sepanjang 2017

Pengunjung berfoto di sekitar kawasan Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 900 ribu wisatawan mengunjungi Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dari Januari hingga November 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tanah Datar, Edi Susanto di Batusangkar, Kamis, mengatakan jumlah tersebut berasal dari dalam negeri dan wisatawan mancanegara.

"Untuk pengunjung mancanegara didominasi oleh negara Malaysia lalu diikuti oleh Australia dan kemudian Eropa," katanya.

Ia menyebutkan kunjungan wisatawan dalam negeri berasal dari seluruh daerah di Sumatera dan Jabodetabek untuk daerah di luar Sumatera.

Menurut dia, target kunjungan yang telah ditetapkan untuk tahun ini adalah sebanyak 1.025.000 orang dan hingga akhir 2017 jumlah tersebut diperkirakan akan terpenuhi.

"Dari pertengahan hingga akhir Desember terdapat banyak hari libur dan juga ditambah dengan adanya libur akhir tahun," ujarnya.

Selain itu ia mengatakan keberadaan Hotel Emersia yang merupakan hotel berbintang juga ikut menunjang meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Senada, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Istano Basa Pagaruyuang, Ridwan mengatakan tingkat kunjungan ke Istana Pagaruyuang juga didominasi oleh wisatawan Malaysia untuk yang dari luar negeri.

Menurutnya, pengunjung umum juga lebih banyak dari pada siswa maupun mahasiswa. Akan tetap selama tahun 2017 juga tercatat beberapa kali kunjungan mahasiswa yang melakukan kuliah lapangan.

"Jika pengunjungnya adalah mahasiswa maupun pelajar yang melakukan study lapangan, maka mereka akan langsung dipandu oleh kepala UPT," katanya. (*)