Gubernur Irwan Prayitno Terima Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya

id #Irwan Prayitno #Satya Lencana Wira Karya

Gubernur Irwan Prayitno Terima Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya

Mendagri sematkan PIN Penghargaan untuk gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (IST)

Padang (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno kembali meraih penghargaan. Kali ini, Irwan dianugerahi Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya Bidang Pemerintahan dalam Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan Kelautan tahun 2017 dari Presiden Republik Indonesia sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 124/TK/Tahun 2017.

Penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama dengan acara Hari Nusantara 2017 bertempat di Dermaga Muara Jati, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/12).

"Ini merupakan penghargaan dari Presiden RI. Dimana, sebelumnya ada tim yang diterjunkan ke daerah untuk melakukan penilaian. Dengan beberapa indikator penilaian diantaranya terkait penataan lingkungan kelautan dan perikanan di Sumbar. Serta, upaya pemerintah provinsi dalam menjaga ekosistem," ujar Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno usai menerima penghargaan tersebut.

Ditambahkannya, tidak hanya itu penilaian lain yakni, dengan upaya Pemprov membentuk kawasan konservasi perairan di kabupaten dan kota yang berada di wilayah pantai di Sumbar. Selain itu, adanya peraturan daerah yang dilahirkan dalam upaya pemerintah daerah membangunan kelautan dan perikanan.

"Jadi, ada 14 indikator penilaian yang menjadi syarat untuk mendapatkan penghargaan Satya Lencana tersebut," ungkapnya.

Dikatakan Irwan, penghargaan yang didapatkan ini tidak lepas dari kerja semua pihak, terutama jajaran pemerintah daerah.

"Ini tidak lepas dari kerja keras semua jajaran pemerintah daerah yang mendukung kepala daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan," ungkapnya.



Untuk diketahui, tahun ini hanya ada dua gubernur yang mendapatkan penghargaan yaitu Gubernur Sumatra Barat dan Gubernur Maluku Utara.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mewakili Presiden Joko Widodo membuka acara peringatan hari Nusantara 2017 mengatakan, melalui peringatan hari Nusantara ini, karakter bangsa Indonesia yang berwawasan bahari dan menjadikan laut sebagai ruang hidup dan ruang juang, bisa terbangun.

"Terwujudnya Indonesia sebagai negara maritim untuk kesejahteraan masyarakat dan disegani dunia," ujarnya.

Dengan tema peringatan Gotong royong dalam kebhinekaan nusantara guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia", Tjahjo juga ingin peringatan hari Nusantara tidak sekedar seremonial, tetapi menjadi model pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar/terpencil.***