RSU Tapan Pesisir Selatan Upayakan Naik Status Menjadi Tipe-C 2018

id Sutarman

RSU Tapan Pesisir Selatan Upayakan Naik Status Menjadi Tipe-C 2018

Direktur RSU Pratama Tapan, Sutarman. (ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan mengupayakan Rumah Sakit Umum (RSU) Pratama Tapan daerah setempat naik status menjadi tipe C pada 2018.

"Saat ini RSU Pratama Tapan merupakan rumah sakit dengan tipe D, namun awal 2018 kami menargetkan sudah menjadi tipe C," kata Direktur RSU Pratama Tapan, Sutarman di Painan, Rabu.

Ia menambahkan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi agar rumah sakit itu menjadi tipe C adalah adanya empat dokter spesialis yang bertugas di sana.

Dokter spesialis itu terdiri dari spesialis bedah, penyakit dalam, kandungan dan anestesi.

"Hal tersebut sudah kami bicarakan dengan pejabat Kementerian Kesehatan dan direspon dengan cukup baik. Dalam waktu dekat mereka akan berkunjung ke sini," ujarnya.

Ia menambahkan melalui pembicaraan dengan pejabat Kementerian Kesehatan diketahui bahwa gaji para dokter spesialis akan dianggarkan melalui kementerian, daerah hanya menyiapkan fasilitasnya saja.

"Jika hal itu terwujud maka masyarakat di sebelah selatan kabupaten ini akan mendapatkan pelayanan medis yang memadai," sebutnya.

Selain berupaya merubah tipe rumah sakit, Direktur RSU Pratama Tapan juga menargetkan pada akhir Desember 2017 rumah sakit yang dipimpinnya bisa melayani peserta BPJS Kesehatan.

"Sejak dioperasikan Agustus 2017 RSU Pratama Tapan hanya melayani pasien umum, namun pada akhir Desember 2017 kami juga akan melayani peserta BPJS Kesehatan," ujarnya. (*)