Industri Kecil Padang Panjang Didorong Berinovasi Agar Bisa Berkompetisi di Pasaran

id Hendri Arnis

Industri Kecil Padang Panjang Didorong Berinovasi Agar Bisa Berkompetisi di Pasaran

Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis. (ANTARA SUMBAR/Zulham BK)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, terus mendorong Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di daerah itu untuk selalu berinovasi, supaya bisa berkompetisi di pasaran.

"Sudah saatnya pelaku usaha berinovasi dari produk yang dihasilkan saat ini," kata Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis melalui Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Perdagkop) Padang Panjang, Arpan di Padang Panjang, Rabu.

Dia mengatakan, diera Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), tidak ada cerita bagi pelaku IKM jalan ditempat, sehingga tidak ada perubahan atau inovasi yang bisa merusak pasar dari produk yang dihasilkan itu.

"Banyak hal yang harus dilakukan untuk berinovasi seperti, kemasan dari produk yang dihasilkan yang selama ini terkesan sederhana," ujarnya.

Menurut dia, selama ini kemasan produk IKM di Padang Panjang belum maksimal tampilannya, sehingga kurang manarik konsumen untuk meliriknya.

Untuk mendorong pelaku usaha dalam berinovasi itu, Pemkot Padang Panjang melalui Dinas Perdagkop sudah menyediakan mesin kemasan bagi pelaku usaha yang ada di daerah itu.

"Dengan adanya mesin kemasan itu, maka produk IKM bisa berkompetisi di pasaran, baik itu pasar tradisional maupun modern," sebutnya. (*)