Gubernur Sumbar: LKBN Antara Konsisten Cerdaskan Bangsa

id Irwan Prayitno

Gubernur Sumbar: LKBN Antara Konsisten Cerdaskan Bangsa

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menilai Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara yang genap berusia 80 tahun pada 13 Desember 2017, merupakan salah satu media yang konsisten dalam memberikan pencerahan untuk mencerdaskan bangsa.

"Semoga Antara tetap jaya dan terus konsisten mencerdaskan bangsa melalui pemberitaan yang profesional, objektif dan bertanggung jawab," katanya dihubungi dari Padang, Rabu (13/12).

Menurut dia di Sumbar, Antara telah berperan dalam hal pembangunan dan penyebaran informasi publik yang dibutuhkan masyarakat. Informasi yang disebarkan tersebut "jernih" dari segala kepentingan hingga nyaman untuk dibaca.

Ia berharap kerja sama yang baik itu terus terjalin terutama dalam misi pencerdasan terhadap masyarakat, terutama menjelang tahun-tahun politik yang dimulai dengan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Pilkada itu akan diikuti oleh empat kota di Sumbar masing-masing Padang, Pariaman, Padangpanjang dan Sawahlunto.

Sementara itu Kepala Antara Biro Sumbar, Azhari mengemukakan pada awal berdirinya Antara tampil sebagai kantor berita perjuangan melawan kolonial kemudian terus menjadi yang terdepan dalam memperjuangkan kepentingan negara.

Setelah berubah menjadi Perusahaan Umum (Perum) pada 2007, Antara menegaskan kembali tekadnya menjadi State Public Relation atau humas negara. Artinya, Antara menjadi humas masyarakat dan pemerintah.

Dalam pemberitaannya, Antara tidak hanya menerapkan dasar-dasar jurnalistik, tetapi juga mengandung 3E+1N, yakni Educative (mendidik), Empowering (memberdayakan), dan Enlighting (Mencerahkan) serta N (Nasionalisme).

Berita itu, baik tulis, foto maupun TV produk Antara harus mengandung unsur mendidik, memberdayakan dan mencerahkan publik dan mengajak masyarakat untuk terus memelihara rasa nasionalisme atau cinta Tanah Air. (*)