Ketua MPR Ajak Mahasiswa Cari Solusi Masalah Masyarakat

id Zulkifli Hasan

Ketua MPR Ajak Mahasiswa Cari Solusi Masalah Masyarakat

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan (tengah). (Antara Sumbar / Aadiaat M. S)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengajak para mahasiswa memberikan solusi terhadap permasalahan di tengah masyarakat yang bisa menimbulkan pertikaian.

"Mahasiswa jangan sampai terlibat dalam hal-hal yang bisa menimbulkan pertikaian. Dengan keilmuan yang dimiliki, mahasiswa hadir untuk memberikan solusi," kata Zulkifli Hasan, di Universitas Negeri Padang, Selasa (12/12).

Mahasiswa sebagai generasi muda harus bijaksana dan tidak meributkan permasalahan kecil, yang akhirnya menciptakan persoalan baru.

Ia mengatakan pada persaingan global seperti saat ini generasi muda harus fokus untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan.

"Dengan ilmu dan pengetahuan akan lahir kreativitas, inovasi, dan daya saing. Bukan hanya untuk persaingan tingkat nasional, namun dunia," jelasnya.

Meskipun demikian, ia juga meminta agar generasi muda itu tidak melupakan sejarah bangsa sehingga inovasi yang dilakukan sejalan dengan arah pembangunan negara.

Zulkifli juga mendorong pemerintah mengeluarkan kebijakan dan regulasi yang bisa mendukung perkembangan keilmuan civitas akademis.

Hal itu mengingat konstitusi yang mengamanatkan untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan negara.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan memberikan kuliah umum di hadapan ratusan civitas akademis UNP, dengan tema "Pemuda dan Nasionalisme Masa Kini".

Sementara Rektor UNP Ganefri, berharap materi yang disampaikan Ketua MPR RI itu bisa bermanfaat bagi mahasiswanya.

"Kuliah umum ini diharapkan menumbuhkan sikap cinta tanah air, dan menangkal isu distrust (ketidak percayaan)," katanya. (*)