Nilai Investasi di Padangpariaman Rp183 Miliar

id INVESTASI PADANGPARIAMAN

Nilai Investasi di Padangpariaman Rp183 Miliar

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian Kabupaten Padangpariaman Sumatera Barat Hendra Aswara tengah menyampaikan capaian dinas tersebut selama 2017, Parit Malintang, Selasa (12/12). (ANTARA SUMBAR/ Aadiaat M S)

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Nilai investasi di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, mencapai Rp183 miliar pada 2017, kata pejabat pemerintah setempat.

"Capaian itu tercatat hingga akhir September lalu," Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padangpariaman, Hendra Aswara saat ekspos capaian dinas tersebut di Parit Malintang, Selasa (12/12).

Jumlah tersebut lebih besar dari target yang ditetapkan yaitu Rp46 miliar sedangkan capaian tahun lalu hanya Rp40 miliar.

Peningkatan investasi tersebut sebagian besar berasal dari perusahaan-perusahaan yang berada di Kecamatan Batang Anai.

Untuk mengetahui peningkatan tersebut, pihaknya mendatangi perusahaan-perusahaan itu untuk melakukan pendataan sehingga ditemukan beberapa penambahan peralatan penunjang produksi.

"Berapa harga alatnya dan jumlahnya tercatat rapi," ujarnya.

Ia berharap ke depannya investasi di daerah itu semakin meningkat seiring diterapkannya sejumlah kebijakan yang mempermudah perizinan semenjak beberapa bulan terakhir.

Peraturan tersebut di antaranya seluruh perizinan dan non perizinan dilimpahkan ke DPMPTP Padangpariaman yang sebelumnya berada di tangan bupati setempat.

Pihaknya juga menerapkan Sistem Informasi Perizinan Elektronik atau Simpel, dan pelayanan izin siap sehari dan gratis untuk beberapa perizinan,.

Apabila izin yang diurus berbayar maka penyetoran uangnya dapat dilakukan di bank kas daerah yaitu Bank Nagari.

"Sehingga di dinas ini tidak lagi menerima pembayaran melalui uang tunai," lanjutnya. (*)