Tingkatkan Kemampuan Mengajar Guru Mengaji, Baznas Dharmasraya Adakan Pelatihan

id mengaji

Tingkatkan Kemampuan Mengajar Guru Mengaji, Baznas Dharmasraya Adakan Pelatihan

Guru sedang mengajar membaca Al Qurman. (cc)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat memberikan pelatihan teknik mengajar kepada 120 guru mengaji di daerah itu, agar lebih terampil dalam mengajar anak-anak.

"Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas para guru mengaji, sehingga menghasilkan generasi yang mampu memahami ilmu bacaan Al Quran yang baik," kata Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Dharmasraya, Ridwan Syarif di Pulau Punjung, Selasa.

Ia menjelaskan pelatihan guru mengaji tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan skill dan manajemen mengajar para guru, dan bagaimana menerapkan nilai edukasi dalam mengajar.

Ia berharap setelah mengikuti pelatihan guru dapat mempraktekkan ilmunya kepada peserta didik. Tidak hanya itu, peserta dapat berbagi ilmu dengan guru mengaji lain yang ada di lingkungannya.

Di samping pelatihan, kata dia upaya pembinaan yang dilakukan adalah dengan memberikan insentif guru mengaji sebesar Rp1 juta per tahun kepada setiap guru mengaji.

Insentif tersebut disediakan untuk memotivasi dan merangsang semangat para guru mengaji yang ada di kabupaten itu dalam mengabdikan diri, sehingga dapat bermanfaat untuk pembinaan mental generasi muda dengan nilai-nilai keagamaan yang dimulai sejak dini.

Ia menilai melalui pendidikan agama sejak usia dini, maka ke depan moralitas generasi muda yang baik dan berkarakter dapat menggenjot berbagai sektor pembangunan.

Pelaksanaan pelatihan dan pembinaan guru mengaji terhimpun dalam program Dharmasraya Cerdas Baznas Dharmasraya.

Pada pelatihan yang digelar, lanju dia pihak penyelenggara menghadirkan narasumber dari Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran di Padang, dan Baznas Dharmasraya.

Pelatihan guru mengaji dilaksanakan dalam tiga angkatan, angkatan satu dilaksanakan pada 8 sampai 9 Desember, angkatan dua 11 sampai 12 Desember, dan angkatan tiga 18 sampai 19 Desember, tambah dia. (*)