Satlinmas harus Tingkatkan Profesionalisme

id BUPATI TANAH DATAR

Satlinmas harus Tingkatkan Profesionalisme

Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi. (ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat.)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi mengimbau seluruh anggota Satuan Perlindungan Masyarakat atau Satlinmas yang ada di daerah tersebut untuk terus meningkatkan profesionalisme dan humanisme.

"Agar masyarakat mendapatkan hasil yang maksimal, maka petugasnya dituntut untuk profesional," katanya dalam pembukaan sosialisasi penyelenggaraan perlindungan masyarakat 2017 di Batusangkar, Senin (11/12).

Ia menyebutkan di lapangan nantinya petugas Linmas akan berhadapan dengan berbagai persoalan narkoba, tidak adanya kepedulian masyarakat terhadap kepentingan umum serta penyakit masyarakat lainnya.

Sebagai garda terdepan yang langsung berhadapan dengan masyarakat, maka Satlinmas berperan dalam upaya pencegahan pekat tersebut.

"Dalam eksekusi di lapangan, Satlinmas dapat berkoordinasi dengan Polisi dan TNI yang ada di setiap nagari," ujarnya.

Selain itu ia mengatakan bahwa Satlinmas juga harus lebih humanis agar dekat dengan masyarakat dan tidak terkesan sombong.

"Mentang-mentang berseragam anggota Satlinmas tidak boleh sewenang-wenang, harus tetap dekat dengan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan Satlinmas akan menjadi tumpuan serta acuan dalam peningkatan sosial dan kemasyarakatan.

"Linmas harus menjadi contoh dan teladan di tengah-tengah masyarakat, dan jangan sebaliknya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanah Datar, Nuryeddisman mengatakan tugas Linmas yang lainnya adalah ikut membantu dalam penanggulangan bencana.

"Selain itu mereka juga berperan dalam menjaga kamtibmas selama pemilu dan membantu menjaga ketahanan negara," katanya. (*)