Kayu Manis Pun Bisa Dibikin Cenderamata

id Kayu Manis

Kayu Manis Pun Bisa Dibikin Cenderamata

Peserta pelatihan ekonomi kreatif sedang memilih kayu yang layak untuk diolah menjadi cendramata. (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat/17.)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat, menggelar pelatihan ekonomi kreatif bagi para pengrajin cenderamata yang ada di daerah tersebut

"Pelatihan ini diarahkan pada penggunaan bahan dasar kayu manis," kata kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tanah Datar di Batusangkar, Senin (11/12).

Ia menyebutkan pelatihan ini sengaja diarahkan pada pemanfaatan kayu manis (Cinnamomum Verum) karena selama ini masyarakat lebih banyak memanfaatkan kulitnya.

Padahal kayu manis juga bisa bernilai ekonomis jika diolah menjadi benda berupa cenderamata, sementara selama ini masyarakat hanya menggunakannya sebagai kayu bakar.

"Cendramata khas Tanah Datar yang selama ini dikenal adalah songket dan harganya relatif mahal," ujarnya.

Oleh sebab itu melalui pelatihan ini ia mengharapkan muncul para pengrajin yang akan memanfaatkan kayu manis sebagai bahan utama.

Ia menambahkan kayu manis tersebut nantinya dapat diolah menjadi cangkir dan beberapa benda lain sehingga muncul cenderamata baru khas Tanah Datar dengan harga yang terjangkau oleh seluruh kalangan.

Selain itu, dengan adanya cenderamata tersebut juga akan membuka peluang baru bagi mereka yang ingin membuka usaha di bidang ekonomi kreatif sehingga juga berdampak pada pariwisata di daerah tersebut.

Sementara itu salah seorang peserta yang juga pelaku ekonomi kreatif di daerah Tanah Datar, Anggit mengatakan dengan adanya pelatihan ini maka akan membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonomi, karena terbukanya lapangan pekerjaan.

"Di samping itu, ekonomi kreatif ini butuh kerja sama yang intens dari pemerintah dengan pelaku wira usaha, dimana hasil produksi dapat dipasarkan melalui bantuan pemerintah daerah setempat dengan outlet yang tersedia," katanya. (*)