Kopertis-X Dorong PTS Tingkatkan Kerja Sama Mancanegara

id KOPERTIS X

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mendorong kampus yang ada di bawah pembinaannya meningkatkan kerja sama dengan institusi di mancanegara.

"Bekerja sama dengan kampus asing akan mendorong penguatan kualitas institusi, " kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Senin (11/12).

Beberapa bidang yang bisa dikerja samakan misalnya dalam pertukaran mahasiswa, kesempatan kuliah dosen, atau penelitian.

Di samping itu juga kerja sama dalam pengadaan sarana prasarana atau pengembangan sistem akademik.

"Kopertis selalu mengupayakan membuka hubungan dengan berbagai instansi asing, ini perlu dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.

Beberapa kali pihaknya berkunjung ke kampus di luar negeri ada yang tindak lanjut kerja sama dan ada juga undangan khusus. Seperti saat ke Taiwan beberapa waktu lalu merupakan tindak lanjut kerja sama dengan kampus swasta yang ada di Kopertis X.

Bekal dari luar negeri ini bisa menjadi solusi atas persoalan kampus misalnya sistem pelayanan akademik, cara mengajar atau budaya penelitian.

Justru kampus harus proaktif dalam mengejar kerja sama dengan kampus asing.

Dengan catatan, setiap keunggulannya menjadi adopsi dan bahan pengembangan di kampus.

"Artinya melalui kerja sama, ilmu didapat untuk memperkuat institusi lokal," tambah dia.

Misalnya mengadopsi cara kampus asing mendapat nilai akreditasi A dan internasional, dapat dilakukan dengan kerja sama berupa pelatihan penyusunan dokumen borang. (*)