750 Satlinmas Siap Bantu Amankan Tanah Datar

id SATLINMAS TANAH DATAR

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanah Datar, Nuryeddisman. (ANTARA SUMBAR/Syahrul Rahmat.)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 750 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dilantik dan siap untuk terjun ke tengah-tengah masyarakat.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanah Datar, Nuryeddisman usai pelantikan di Batusangkar, Senin (11/12), mengatakan Satlinms yang dilantik berasal dari seluruh nagari yang ada di daerah tersebut.

"Setiap nagari atau desa mengirim sepuluh orang perwakilan termasuk Wali Nagari selaku Kasat Linmas," katanya.

Setelah pelantikan seluruh anggota Satlinmas juga diberikan sosialisasi tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat dengan menghadirkan beberapa orang pemateri.

Salah seorang pematerinya ialah Kapolres Tanah Datar yang memberikan materi tentang peranan Satlinmas dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban di masyarakat.

"Selain Kapolres Tanah Datar, pada sosialisasi ini juga menghadirkan pemateri dari Satpol PP Provinsi Sumbar," ujarnya.

Ia menambahkan Satlinmas ini akan menjadi garda terdepan sehingga bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam rangka mewujudkan tujuan dari Linmas itu sendiri.

"Satlinmas ini nantinya akan berada di tengah-tengah masyarakat yang akan membantu menegakkan aturan serta mewujudkan ketentraman dan ketertiban," ujarnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan keberadaan Linmas di tengah-tengah masyarakat sangat strategis dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Dengan adanya Linmas, diharapkan masyarakat dapat terbantu dalam hal perlindungan dan juga ketentraman," katanya. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar