Pemkab Pesisir Selatan Dorong KONI Bentuk Ikon Olahraga di Setiap Nagari

id Erizon

Pemkab Pesisir Selatan Dorong KONI Bentuk Ikon Olahraga di Setiap Nagari

Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon. ( ANTARA SUMBAR / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mendorong Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat agar membentuk ikon olahraga di 182 nagari (desa adat) yang ada di daerah itu.

"Dengan KONI membentuk ikon olahraga di masing-masing nagari tentu saja potensi-potensi muda berbakat di bidang olahraga akan terpantau lebih dini," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon di Painan, Senin.

Selanjutnya, kata dia, bakat olahraga tersebut diasah melalui turnamen antarnagari yang digelar secara berkelanjutan.

"Hal itu pada era 70-an pernah dilaksanakan dan saat itu bermunculan atlet berprestasi dari daerah ini," katanya.

Sementara terkait anggaran, tambahnya tidak akan jadi masalah karena di masing-masing nagari terdapat dana yang besar dan itu bisa diarahkan ke sana.

"Sekarang tinggal kepengurusan KONI Pesisir Selatan, jika memiliki komitmen maka hal itu akan terwujud," sebutnya.

Sementara itu, Ketua KONI Pesisir Selatan, Zul Akhiar menyebutkan pihaknya akan berupaya meningkatkan prestasi olahraga pada daerah setempat.

"Membentuk ikon olahraga di tiap nagari merupakan salah satu terobosan yang menarik dan tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan, kendati demikian kami akan tetap mencari terobosan lainnya," kata dia.

Kendati demikian katanya, meningkatkan prestasi olahraga bukanlah hal mudah, perlu dukungan tidak hanya dari pemerintah kabupaten, pihak terkait namun juga masyarakat.

"Dengan dukungan semua pihak semoga muncul atlet yang mampu mengharumkan nama kabupaten," kata Zul. (*)