Pemkab Solok Selatan Serahkan Pengelolaan Angkutan Umum Kepada BUMNag

id Yulian Efi

Pemkab Solok Selatan Serahkan Pengelolaan Angkutan Umum Kepada BUMNag

Sekretaris Daerah Solok Selatan, Yulian Efi melakukan uji coba Mikrobus bantuan DAK yang akan dikelola BUMNAG setempat. (Antara Sumbar/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyerahkan pengelolaan angkutan umum bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Bidang Transportasi kepada lima Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

Sekretaris Daerah Solok Selatan Yulian Efi di Padang Aro, Senin, mengatakan BUMNag yang mengelola jasa angkutan tersebut yaitu Nagari Koto Baru, Pasir Talang Barat, Luak Kapau Alam Pauh Duo, Lubuk Malako dan Padang Limau Sundai.

"Pemakaian mikrobus tersebut harus profesional, bertanggungjawab, dan sesuai dengan pedoman penggunaan yang telah ditetapkan sehingga bermanfaat bagi masyarakat banyak," katanya.

Dia mengatakan, bahwa pemakaian bus ini akan dievaluasi secara berkala, sesuai dengan perjanjian yang telah ditandatangani.

"Jika hasil evaluasi nantinya ditemui penyimpangan-penyimpangan mikrobus tersebut akan kita tarik untuk digunakan oleh BUMNag lain," katanya.

Dia berharap, dengan adanya bantuan mikrobus ini dapat meningkatkan pendapatan bagi BUMNag yang ada.

"BUMNag yang dipilih bisa lebih kuat lagi dan ini harus dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Solok Selatan Armenses, mengatakan bahwa bantuan mikro bus diberikan kepada BUMNag setelah melalui tahap seleksi.

"Setelah dilakukan kajian terhadap keberadaan BUMNag tersebut, maka kita putuskan untuk diberikan kepada lima nagari tersebut," katanya.

Untum trayek angkutannya kata dia, telah ditentukan oleh Dinas Perhubungan.

Sebagai contoh angkutan pada BUMNag Lubuk Malako beroperasi dengan rute Sungai Sungkai - Terminal Padang Aro.

Bantuan mikrobus ini dalam rangka mengisi kebutuhan angkutan umum di Kabupaten Solok Selatan yang saat ini memang masih minim.

Bantuan yang diserahkan berupa lima mikrobus transportasi dengan kapasitas 20-25 penumpang.

Ketua BUMNag dari Nagari Padang Limau Sundai, Sangir Jujuan, yang menerima bantuan tersebut, Rian Iswandi mengatakan, dengan bantuan ini mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi kami untuk lebih giat lagi berkarya untuk nagari melalui BUMNag.

"Kami mengucapkan terima kasih karena pemkab setempat sudah perca dalam pengelolaan angkutan ini," katanya.

Dia menambahkan, BUMNag yang dikelolanya juga telah melakukan bidang usaha-usaha lain yakni toko minuman, penyewaan molen serta usaha depot. (*)