Sambut Hari Juang Kartika, Kodim 0312 Padang Himpun 300 Kantong Darah

id donor darah

Komando Distrik Militer (Kodim) 0312 Kota Padang, Sumatera Barat, menggelar aksi donor darah yang dilakukan disalah satu pusat perbelanjaan dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika yang diperingati setiap 15 Desember.  (Ist)

Padang, (Antara Sumbar) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0312 Kota Padang, Sumatera Barat, menghimpun 300 kantong darah dari hasil aksi donor darah yang dilakukan di salah satu pusat perbelanjaan dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika yang diperingati setiap 15 Desember.

"Kegiatan donor darah dilakukan selama dua hari, mulai 6 hingga 7 Desember 2017 dan pada hari pertama sudah terkumpul sebanyak 300 kantong," kata Komandan Distrik Militer 0312 Padang Letnan Kolonel Kavaleri Eryzal Satria di Padang, Sabtu.

Menurutnya, aksi donor darah dengan menggandeng Palang Merah Indonesia Kota Padang itu disambut baik oleh prajurit TNI Angkatan Darat dan masyarakat yang ikut mendonorkan darahnya pada hari pertama.

Kodim 0312 Padang menargetkan hingga kegiatan tersebut selesai dapat mengumpulkan sebanyak 700 kantong darah. Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya agar dapat datang langsung ke pusat perbelanjaan Transmart.

Tidak perlu takut memberikan darah kepada yang membutuhkan, karena manfaat cukup banyak terutama untuk kesehatan pendonor ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang ikut menyumbangkan sekantong darah dalam rangka memeriahkan Hari Juang Kartika.

Hari Juang Kartika TNI AD adalah yang diperingati setiap 15 Desember untuk mengenang Pertempuran Ambarawa, yang sebelumnya bernama Hari Infanteri.

Dalam memperingati Hari Juang Kartika, selain aksi donor darah juga digelar operasi katarak, karya bakti pembersihan pantai serta tempat ibadah dan juga memberikan santunan kepada warakawuri dan veteran.

Sementara Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut dan mendorong agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan itu.

"Kegiatan ini juga membantu persediaan darah di Palang Merah Indonesia Kota Padang, apalagi persedian darah sering kurang, katanya.

Mahyeldi menambahkan peringatan Hari Juang Kartika merupakan suatu sarana untuk mengenang kembali sejarah lahirnya TNI AD sehingga diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa korsa prajurit-prajurit TNI AD dalam meningkatkan pengabdian kepada negara dan bangsa. (*)

Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar