Padang Inginkan Presiden Jokowi Pimpin Upacara HBN

id Asnel

Padang Inginkan Presiden Jokowi Pimpin Upacara HBN

Balai Kota Padang. (ANTARA SUMBAR/MR Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang mengharapkan Presiden Joko Widodo dapat menghadiri sekaligus menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bela Negara (HBN) pada 19 Desember.

"Mengingat HBN sebagai peringatan untuk mengenang perjuangan Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumbar, alangkah baiknya bila Presiden yang memimpin upacara tersebut," kata Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel, di Padang, Sabtu.

Sejauh ini pihaknya telah membentuk kepanitiaan untuk kegiatan upacara pada HBN yang akan dipusatkan di Lapangan GOR Agus Salim tersebut.

Bahkan panitia telah menyiapkan kegiatan pendukung lainnya yang akan melibatkan ratusan hingga ribuan siswa termasuk peserta upacaranya.

"Kami telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan diharapkan bisa meyakinkan Presiden datang ke Padang," ujar dia.

Bila nantinya Presiden jadi hadir ke Padang, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk menjamin keamanan selama kegiatan berlangsung.

Di samping itu juga akan mengajak warga untuk ikut dalam kegiatan upacara tersebut.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat di Kuranji Syafriadi mengatakan adanya sejarah Keberadaan Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumbar sudah seharusnya menjadi perhatian pemerintah pusat dalam membangun daerah.

Hal ini mengindikasikan bahwa keterlibatan daerah di luar pulau Jawa dalam memperkuat pembangunan negara cukup besar.

Untuk itu perlu juga alokasi dana atau bantuan pembangunan lebih diprioritaskan di daerah yang jauh dari pusat ibukota. (*)