Pemkot Padang akan Pasang Lampu Jalan Sebanyak 32 Ribu Titik

id Mahyeldi Ansharullah

Pemkot Padang akan Pasang Lampu Jalan Sebanyak 32 Ribu Titik

Mahyeldi Ansharullah (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menargetkan memasang lampu penerangan jalan sebanyak 32 ribu titik jenis Light Emitting Diode (LED) untuk mempercantik wajah kota itu pada 2018.

"Saat ini ada sekitar 28 ribu titik lampu penerangan yang sudah terpasang di Kota Padang, dan kami akan tambah 32 ribu titik lagi sehingga menjadi 60 ribu titik," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Jumat.

Menurut dia dalam merealisasikan hal itu pihaknya akan bekerja sama dengan pihak ketiga dengan catatan pengadaannya harus dalam jangka pendek, sehingga dapat segera dinikmati oleh masyarakat.

"Penggunaan lampu jenis LED akan membuat jalan jauh lebih terang daripada lampu yang ada sebelumnya," kata dia.

Ia mengatakan penggunaan lampu LED memiliki keunggulan dari lampu biasa, selain dapat menyinari lebih terang, lampu ini mampu menghemat energi hingga 70 persen.

"Apabila lampu ini telah dipasang akan membantu meminimalkan kecelakaan lalu lintas dan membuat masyarakat nyaman berkendara pada malam hari," ujarnya.

Ia juga mengkritik pemasangan lampu jalan di sepanjang Jalur Bypass yang masih menggunakan lampu jenis lama dan hingga saat ini lampu tersebut belum berfungsi seluruhnya.

"Sebaiknya pemerintah pusat dalam melakukan perencanaan dan pembangunan jalur Bypass terus bersinergi dengan Pemkot Padang," katanya.

Pembangunan proyek tersebut dikerjakan menggunakan Anggaran Pendapaan Belanja Negara (APBN) 2017 dan ditargetkan rampung pada akhir Desember 2017, hingga saat ini masih banyak lampu penerangan jalan yang tidak berfungsi dan membuat jalur tersebut rentan terjadi kecelakaan pada malam hari.

"Kami berharap tentu jalur ini bisa segera selesai dan dilengkapi lampu penerangan jalan yang bagus agar membuat masyarakat nyaman dan aman dalam menggunakannya," katanya. (*)