Sumbar Rasionalisasi Anggaran HPN 2018

id hpn2018

Sumbar Rasionalisasi Anggaran HPN 2018

Padang (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan rasionalisasi terhadap anggaran pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di daerah itu hingga dari awalnya diperkirakan mencapai Rp25 miliar, menjadi sekitar Rp23 miliar.

"Rasionalisasi dilakukan sesuai prinsip efisiensi anggaran. Sisa anggaran itu dimanfaatkan untuk program layanan dasar seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur," kata Kepala Biro Humas Sumbar, Jasman di Padang, Kamis.

Ia menyebutkan itu terkait persiapan pelaksanaan HPN di Sumbar 2018 yang dimulai dengan kegiatan Pra pada September-Desember 2017 dan kegiatan puncak pada 1-9 Februari 2018.

Anggaran sebesar Rp23 miliar itu tidak terpusat pada satu instansi, tetapi tersebar pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintahan Sumbar.

"Masing-masing mengajukan anggaran untuk kegiatan pendukung HPN. Anggaran itu diakumulasikan dengan anggaran pada panitia HPN hingga menjadi sekitar Rp23 miliar," jelas dia.

Anggaran sebesar itu merupakan bukti keseriusan Pemprov Sumbar dalam menggelar HPN 2018. Ia mengharapkan pelaksanaan yang mengusung tema pariwisata itu, bisa terlaksana dengan sukses dan lancar dan memberikan manfaat untuk daerah.

Sementara itu terkait kegiatan Pra HPN yang terkesan tidak bergaung, hingga belum tersosialisasi dengan baik pada masyarakat, Jasman mengatakan memang belum waktunya.

Kemeriahan HPN akan mulai dirasakan pada minggu pertama Februari 2018, saat pekan HPN digelar dengan sejumlah kegiatan yang melibatkan banyak pihak atau massal.

"HPN ini terbagi pada tiga periode waktu yaitu pra, pekan HPN dan puncak pelaksanaan. Saat ini sudah masuk pada pra HPN dengan kegiatan tersebar pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kabupaten/Kota," tambah dia.

Sosialisasi pelaksanaan juga dilakukan melalui spanduk, yang akan terus diperbanyak agar kemeriahan lebih terlihat dan kegiatan juga diketahui oleh masyarakat.

Sementara untuk undangan, menurut dia akan disebar pada Januari 2018. Namun belum menyertakan rangkaian kegiatan, terutama pada hari puncak.

Hal itu dikarenakan acara puncak rencananya dihadiri presiden, sehingga rangkaian kegiatan harus menyesuaikan dengan jadwal presiden.

Paling cepat rangkaian kegiatan itu baru diketahui satu minggu sebelum hari puncak.

Jasman meminta semua pihak yang terlibat, aktif untuk ikut mensosialisasikan kegiatan HPN 2018.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengingatkan rencana pelaksanaan kegiatan itu harus dimatangkan agar bisa berjalan sesuai rencana.

"Semua harus berjalan baik, karena ini juga menyangkut nama baik daerah," katanya.*