Pembangunan Pasar di Padang Termasuk Lingkungannya

id Pasar Raya

Suasana Pasar Raya Padang Inpres. (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Sumbar, Endrizal mengatakan upaya pembangunan dan revitalisasi pasar dilakukan meliputi bangunan serta lingkungan yang ada di sekitarnya.

"Termasuk pasar yang ada di dekat pemukiman, guna memudahkan warga juga dilakukan renovasi," ujar dia di Padang, Kamis (7/12).

Seperti Pasar Inpres di Pasar Raya dilakukan pembangunan gedungnya namun juga lingkungan sekitar seperti jalan, trotoar dan drainase ikut diperbaiki.

Termasuk bekas lapak pedagang dan jalan yang berlubang ikut diperbaiki, seperti yang ada di jalan Simpang Kandang depan Bioskop Raya.

Bukan hanya itu pedagang juga diberikan pengarahan dan sosialisasi saat menempati kios yang baru karena memasuki lingkungan yang baru.

"Hal yang sama juga dilakukan saat pembangunan pada pasar inpres satelit di beberapa kecamatan," kata dia.

Seperti renovasi pasar Banda Buek yang dikenal macet dan semrawut, saat ini kondisi pasar lebih representatif dan lalu lintas di sekitarnya menjadi lebih lancar.

Kemudian yang terbaru di Pasar Belimbing yang menurut rencana akan dibuat empat blok pasar, saat ini satu bangunan telah rampung.

Setidaknya masyarakat bisa sedikit berbelanja lebih nyaman dan aman, meski belum bisa semua pedagang tertampung ke dalamnya.

Khusus pasar ini masih banyak renovasi yang dilakukan selain tiga blok bangunan, yakni pembuatan areal parkir, pengaturan jalan dan pedagang.

"Seperti di Pasar Raya, wajar saat pembangunan ada beberapa dampak negatif namun diharapkan imbasnya tidak besar untuk warga," lanjutnya.

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan pembangunan di Pasar Raya Fase dan selanjutnya pasar satelit lainnya.

Sementara itu salah satu warga di Kuranji Padang, Roza (48) mengeluhkan akibat pembangunan pasar Belimbing saat terjadi hujan drainase di sekitarnya tidak jalan.

Bukan hanya itu akibat masih belum tercukupinya lapak di dalam bangunan baru, pedagang tetap berjualan dengan jarak yang berdekatan sehingga menyebabkan pengunjung kurang nyaman berbelanja.

Dia berharap pembangunan di Pasar Belimbing dapat segera tuntas, termasuk keberadaan pemukiman yang ada di perbatasannya agar pengunjung dapat berbelanja nyaman. (*)



Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar