NESO Sosialisasikan Beasiswa Kuliah ke Belanda

id NESO

Padang, (Antara Sumbar) - Sebuah Lembaga Pendidikan Belanda Netherland Education Support Office (NESO) menyosialisasikan strategi dan beasiswa untuk melanjutkan kuliah pascasarjana ke Negeri Kincir Angin kepada mahasiswa Universitas Andalas (Unand) di Padang, Kamis (7/12).

"Sosialisasi ini bagian dari program NESO dalam mengenalkan pendidikan tinggi Belanda kepada mahasiswa Indonesia," kata Kepala UPT Layanan Internasional Dr Vonny Indah Mutiara.

Dalam sosialisasi ini NESO memberikan penjelasan tentang strategi mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi S2 ke salah satu universitas di Belanda.

Bukan hanya itu, NESO juga membuka langsung kesempatan pendaftaran untuk ikut dalam program beasiswa tersebut. NESO juga melakukan pengenalan tentang negeri Belanda, termasuk karakteristik masyarakatnya serta perkembangan pendidikan di dalamnya.

Tujuannya, sebutnya untuk memotivasi mahasiswa untuk memilih dan kuliah di luar negeri seperti Belanda.

"NESO mengelola beasiswa StuNed yang merupakan tindak lanjut kerja sama antara Belanda dan Indonesia," ujar dia.

Sebagai gambaran, NESO saat ini memiliki lebih dari 2.000 program studi internasional yang tersebar di puluhan negara di dunia. Dalam hal Layanan Internasional Unand akan memfasilitasi mahasiswa dan masyarakat lainnya yang ingin mendaftar dan kuliah ke Belanda.

"Bagi kampus ini juga peluang untuk menggaet mahasiswa asing kuliah di Indonesia, selain mahasiswa lokal di luar negeri," tambahnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand Verawati mengatakan dapat berkuliah di Eropa seperti Belanda menjadi kesempatan dalam pengembangan ilmunya.

Menurut mahasiswa bidang eksakta tersebut, Eropa telah menjadi tujuan utama mahasiswa Asia untuk sekolah.

Selain karena pernah jadi pusat munculnya perkembangan ilmu dunia, banyak lulusan di Eropa sukses saat kembali ke Indonesia seperti BJ Habibie. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar