Pesisir Selatan Segera Urus Hibah RS Pratama Tapan

id RS PRATAMA PAINAN

Pesisir Selatan Segera Urus Hibah RS Pratama Tapan

Kunjungan Bupati Pesisir selatan ke Rumah Sakit Pratama Tapan. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat segera mengurus hibah kepemilikan Rumah Sakit Pratama Tapan yang berkedudukan di Nagari (Desa Adat) Bukit Buai, Kecamatan Basa IV Balai Tapan, dari Kementerian Kesehatan ke daerah itu.

"Jika proses hibah selesai maka kewenangan pengoperasiannya berada di daerah," kata Direktur Rumah Sakit Pratama Tapan, Sutarman di Painan, Kamis (7/12).

Setelah dihibahkan, selain akan menggenjot sektor pembangunan, daerah setempat juga akan menambah ketersediaan alat kesehatan, tenaga medis dan lainnya.

"Pekan depan saya akan ke Jakarta untuk melakukan proses hibah itu," katanya.

Sejak diresmikan pada pertengahan Maret 2017 dan dioperasikan pada Agustus 2017, Rumah Sakit Pratama Tapan terus berbenah selain telah memiliki dua dokter umum sekitar 200 paramedis juga sudah ditugaskan di sana.



Sebelumnya, Bupati setempat, Hendrajoni menyebutkan kehadiran Rumah Sakit Pratama Tapan merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang cepat dan mudah dijangkau kepada masyarakat.

Hal tersebut dikatakan karena sebelum adanya Rumah Sakit Pratama Tapan masyarakat di lokasi harus berkendara lebih kurang lima sampai enam jam agar sampai dan mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD M Zein yang berada di ibukota kabupaten setempat.

Kepada masyarakat pihaknya berpesan agar segala sarana dan prasarana yang ada dijaga dan dirawat sehingga bisa dimanfaatkan untuk tahun-tahun berikutnya.

"Mudah-mudahan dengan beroperasinya dua rumah sakit di daerah ini pelayanan kesehatan yang baik bisa terlaksana," ujarnya. (*)