PLN Peduli Ekosistem Laut, Gelontor Rp236 Juta Lestarikan Penyu di Sutera

id PLN PENYU

PLN Peduli Ekosistem Laut, Gelontor Rp236 Juta Lestarikan Penyu di Sutera

Sejumlah Jajaran PLN Sumbar dan pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan melepas penyu di konservasi penyu Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan dalam program PLN CSR. (ANTARA SUMBAR/Humas PLN Sumbar)

Padang, (Antara Sumbar) - PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) mengalokasikan dana sebesar Rp236 juta untuk program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mendorong pelestarian ekosistem laut terutama penyu.

"Dengan mengingat saat ini jumlah penyu semakin berkurang, maka dari itu kami ingin memelihara kelestarian salah satu ekosistem laut tersebut dalam program PLN CSR ini," kata General Manager PLN Wilayah Sumbar, Bambang Yusuf di Padang, Kamis (7/12).

Dalam program tersebut PLN Sumbar memberikan bantuan sebesar Rp236 juta untuk membangun rumah penangkaran penyu, masjid, motor sampah, jamban, dermaga, ikon lokasi, dan gapura destinasi wisata pada konservasi penyu Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan.

Menurutnya konservasi penyu di Ampiang Parak merupakan salah satu destinasi wisata yang potensial untuk dikembangkan sehingga mendatangkan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar.

"Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," katanya.

Sementara itu, Asisten II Kabupaten Pesisir Selatan, Emirda Ziswati mengapresiasi bantuan yang diberikan PLN untuk perkembangan konservasi penyu ini, karena hal tersebut dapat membantu sekali dalam menyejahterakan warga Ampiang Parak.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan dari PLN, diharapkan seluruh masyarakat sudah harus sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup," ujarnya.

Ia mengatakan di daerah ini banyak potensi alam yang bila terus dibenahi dapat menjadi destinasi baru para pelancong.

"Maka dari itu mari bersama-sama menjaga lingkungan dan berbenah untuk mewujudkan destinasi wisata baru yang diminati para wisatawan domestik dan mancanegara. (*)