Satgas Pelantara Laksanakan Bakti Sosial di Padang

id SATGAS PELANTARAN

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, menyambut kedatangan Satgas Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII di Mako Lantamal II Padang, Rabu (6/12). (ANTARA Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (Antara Sumbar) - Satgas Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII yang menaiki KRI Banda Aceh (BAC)-593 sampai di Dermaga Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada Rabu, dan akan melaksanakan bakti sosial di daerah setempat selama empat hari.

"Kedatangan KRI BAC-593 membawa 927 personel meliputi Pramuka Saka Bhayangkara, dan Belanegara untuk mengikuti berbagai bakti sosial. Ini adalah bagian dari kegiatan Sail Sabang 2017," kata Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL II Padang, Kolonel (Mar) Lasmono, di Padang, Rabu (6/12).

Ia mengatakan selama empat hari di Padang Satgas Pelantara akan melakukan berbagai bakti sosial.

Beberapa di antaranya terkait kepedulian lingkungan, pariwisata, budaya, kolaborasi pramuka dengan masyarakat, pementasan seni budaya, kunjungan ke pemerintahan daerah, serta temu tokoh daerah.

Lasmono menjelaskan tujuan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) meningkatkan kecintaan pemuda terhadap tanah air, serta meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme pemuda.

Kemudian melakukan pembinaan pada generasi saka bahari dalam kerangka "National Character Building". Sehingga didapatkan pemahaman tentang kemaritiman serta kelautan.

"Ketika pemahaman pentingnya sumber daya kelautan dimiliki, dibarengi pemahaman tentang bela negara, maka pemanfaatan potensi laut kita bisa dikawal bersama-sama," jelasnya.

Kedatangan KRI Banda Aceh di Pelabuhan Teluk Bayur itu juga disambut langsung Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

"Semoga kegiatan serupa terus dirutinkan, dan setiap kegiatan yang dilakukan bisa bermanfaat bagi warga Padang," katanya.

Ia berharap hubungan yang baik antara pemerintah daerah dengan TNI Angkatan Laut Lantamal II bisa terus dijaga. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar