Festival Pesona Air Bangis Jadi Ajang Promosi Wisata Daerah

id festival pesona Air Bangis

Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri (tiga dari kiri) bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Muspika membuka festival pesona Air Bangis sebagai upaya promosi wisata, Rabu (6/12). (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan Festival Pesona Air Bangis sebagai upaya mempromosikan wisata di daerah itu, Rabu.

Kegiatan itu mendapat sambutan yang baik dari warga dengan ramainya warga datang berbondong-bondong ke Pantai Air Bangis.

Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri mengatakan sudah seharusnya Pasaman Barat melaksanakan langkah-langkah yang besar pada sektor kepariwisataan.

Langkah-langkah kreatif tepat dan berkesinambungan. Melalui Pesona Air Bangis kekayaan alam, kearifan lokal, seni dan budaya masyarakat pesisir dapat terlihat dan menjadi daya tarik tersendiri sehingga bisa menjadi aset kepariwisataan kedepannnya.

Ia mengatakan kegiatan itu berlangsung dari 6-9 Desember mendatang. Pesona Air Bangis tersebut tidak hanya sekedar menikmati keindahan alam semata. Namun, memperlihatkan keindahan kearifan lokal yang dimiliki oleh Pasaman Barar.

"Kegiatan ini merupakan salah satu ajang promosi. Selain itu, juga mempererat tali silaturahmi, hiburan bagi masyarakat untuk berekreasi," katanya.

Kemudian melalui bazar para pelaku usaha mikro, kecil menengah, memiliki sarana untuk memperkenalkan produk unggulan. Sehingga mampu untuk menarik dan mendatangkan investor asing di Pasaman Barat.

Ia berharap kegiatan tersebut bukan pada tahun itu saja. Kegiatan tersebut diharapkan akan berlanjut untuk tahun berikutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Armen menjelaskan Pesona Air Bangis memang merupakan objek pariwisata atau objek wisata andalan. Maka nilai jual objek wisata Air Bangis tidak akan diragukan lagi.

"Dalam Pesona Air Bangis ini banyak yang bisa ditampilkan, kearifan lokal ini wajib kita pelihara. Pasaman Barat memiliki tiga etnis yang sudah bersatu padu dan patut kita berikan ruang untuk menambah hubungan silaturahmi," ujarnya.

Ia menjelaskan selain menampilkan kearifan lokal tersebut, kegiatan yang digelar di Tugu Air Bangis tersebut juga menampilkan khas Pasaman Barat yakni Tari Pilin Salapan.

Selain itu juga menampilkan berbagai lomba, baik UMK maupun kebudayaan. Tidak hanya itu saja, kegiatan itu juga dimeriahkan oleh penampilan berbagai kesenian daerah. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar