Muhaimin Dorong Mahasiswa Mengambil Kesempatan Sebagai Pelaku Ekonomi Baru

id Muhaimin Iskandar

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, mendorong mahasiswa untuk muncul dan mengambil kesempatan sebagai pelaku ekonomi baru.

"Selain disiapkan menjadi tenaga pendidik, mahasiswa mempunyai peluang untuk menjadi pelaku ekonomi baru dengan berwirausaha," kata Muhaimin Iskandar diwawancarai usai memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Padang, Rabu.

Untuk menunjang hal itu, katanya, pemerintah harus turun tangan memfasilitasi generasi muda dalam berwirausaha dengan membenahi sistem dari hilir ke hulu.

Hal itu dimulai dengan meningkatkan kapasitas kewirausahaan kepada generasi muda, menciptakan peluang bisnis dan usaha, serta menyediakan permodalan yang mudah diakses.

"Sistem permodalan yang disediakan haruslah mudah diakses. Selain itu kredit atau pinjaman diberikan dengan bunga rendah," kata pria yang akrab disapa Cak Imin.

Anggota Komisi I DPR RI itu juga meminta pemerintah menjadikan pengusaha besar sebagai mitra pengusaha kecil dan menengah, dengan kerjasama yang saling menguntungkan.

"Kerjasama harus saling menguntungkan baik bagi pengusaha besar, ataupun pengusaha kecil menengah yang bekerjasama. Itu akan memberikan kesempatan mahasiswa berwirausaha," jelasnya.

Pada bagian lain, Cak Imin juga menyampaikan pentingnya menjaga persatuan NKRI di hadapan ratusan mahasiswa serta civitas akademis yang menghadiri kuliah umum.

Kuliah umum itu memiliki tema "Membangun semangat nasionalisme dalam memperkokoh keutuhan NKRI".

Rektor UNP Ganefri, mengapresiasi materi serta pemaparan yang diberikan Cak Imin kepada para mahasiswanya tersebut.

"Semoga materi yang diberikan dapat menambah pengetahuan, dan dapat menginspirasi para mahasiswa. Baik itu terkait kewirausahaan, ataupun tentang menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar