Wagub Tekankan Pentingnya Inovasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

id Nasrul Abit

Wagub Tekankan Pentingnya Inovasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Wagub Sumbar, Nasrul Abit. (Antara Sumbar/Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar) - Wagub Sumatera Barat, Nasrul Abit menekankan pentingnya inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah agar bisa memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat.

"Inovasi sangat penting, apalagi jika dikaitkan dengan perkembangan teknologi informasi. Jangan sampai pelayanan yang diberikan monoton, tanpa perubahan," kata dia di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan itu dalam sosialisasi inovasi penyelenggaraan pemerintahan daerah di provinsi dengan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Padang.

Menurut Nasrul pentingnya inovasi itu tergambar dalam PP NO 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah yang menyebutkan selain unsur pemerintahan, masyarakat juga bisa mengusulkan inovasi daerah dengan mekanisme sendiri.

Ia mengingatkan kepala OPD di Sumbar jangan kalah dari masyarakat dan terus menghasilkan dan menerapkan inovasi yang sesuai dengan prinsip PP 38 tahun 2007 yaitu peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan dan tidak menimbulkan konflik kepentingan.

Kemudian berorientasi kepada kepentingan umum, dilakukan secara terbuka, memenuhi nilai kepatutan, dan dapat dipertanggung jawabkan hasilnya, bukan untuk kepentingan diri sendiri.

"Pemerintah harus bisa memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat, praktis, biaya murah dan waktu cepat," ujar dia.

Ia juga mengimbau kepala OPD yang melaksanakan tugas di luar sumbar, jika ada melihat inovasi yang terbukti dapat meningkatkatkan kinerja pemerintah daerah agar melaksanakan di sumbar.

Selain wagub, juga hadir sebagai pemateri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri Drs. Dodi Riyadmadji MM, Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan LAN, Dr. Andi Taufiq, MSi, perwakilan KemenPAN RB Dwiyogo SE, dan perwakilan Kemenristek Dr. H. Kamsol. (*)