Timnas Penanggulangan Kemiskinan Dampingi Pasaman Barat

id Kemiskinan

Timnas Penanggulangan Kemiskinan Dampingi Pasaman Barat

(ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ss/Spt/13)

Padang, (Antara Sumbar) - Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) memberikan pendampingan kepada Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat untuk menanggulangi persoalan kemiskinan di daerah itu.

"Pendampingan dilakukan selama delapan bulan. Selain perencanaan tim juga akan coba lebih dalam masuk pada program pemerintah daerah," kata Kepala Unit Advokasi Daerah TNP2K, Muhammad Arif Tasrif di Padang, Rabu (6/12).

Ia mengatakan itu terkait upaya pemerintah untuk menanggulangi persoalan kemiskinan di Indonesia.

Menurut dia hasil pendampingan itu nantinya akan dijadikan percontohan bagi kabupaten dan kota lain di Sumbar, agar bisa diterapkan.

Ia menyebutkan pemerintah sebenarnya bisa menerapkan hasil pendampingan terhadap penanggulangan kemiskinan di kabupaten/kota di Jawa. Tetapi karena karakter daerah yang berbeda, diyakini hasilnya tidak maksimal.

Karena itu TNP2K mendapatkan tugas untuk melakukan pendampingan di daerah, agar bisa diterapkan pada kabupaten dan kota berdekatan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berharap hasil pendampingan yang dilakukan TNP2K di Kabupaten Pasaman Barat nantinya juga bisa berlanjut pada dua daerah tertinggal di provinsi itu yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Solok Selatan.

"Kita fokuskan pada daerah tertinggal. Salah satu targetnya melepaskan daerah tersebut dari status itu," kata dia.

Ia berharap pendampingan dari TNP2K di Pasaman Barat akan membuahkan hasil hingga pada 2019 Pasaman Barat bisa terbebas dari status daerah tertinggal. (*)