Peduli Olahraga, Dua Wali Nagari dapat Penghargaan KONI

id PEDULI OLAHRAGA

Peduli Olahraga, Dua Wali Nagari dapat Penghargaan KONI

Ketua KONI Solok Selatan Mario Syahjohan (kanan) memberikan penghargaan kepada Wali Nagari Lubuak Gadang Selatan Ari Hendratno (kiri). (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan, Sumatera Barat berikan penghargaan kepada dua wali nagari yang peduli terhadap kemajuan olahraga.

Ketua Umum KONI Solok Selatan, Mario Syahjohan, di Padang Aro, Rabu, mengatakan penghargaan ini merupakan sebagai bentuk apresiasi KONI setempat terhadap Tokoh Pemerhati Olahraga terbaik di daerah ini.

"Piagam penghargaan ini kita berikan kepada tokoh yang telah berkiprah untuk memajukan olahraga di daerah ini. Selain memberikan sumbangsih pikiran tokoh ini juga telah berperan aktif dalam pengembangan olahraga," katanya.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Wali Nagari Lubuk Gadang Selatan, Ari Hendratno dan Wali Nagari Pakan Raba'a Arpan Ali.

Ari Hendratno telah menganggarkan pembelian peralatan olahraga dirgantara gantole dan paralayang melalui dana desa Nagari Lubuk Gadang Selatan.

Sementara, Arpan Ali telah melakukan pembangunan taman olahraga, dimana ditaman tersebut juga terdapat fasilitas olahraga seperti, fitnes outdoor, jogging track dan lainnya melalui dana desa Nagari Pakan Raba,a.

Apabila 39 nagari yang ada di Solok Selatan kata dia, bisa melakukan hal yang sama akan berdampak besar terhadap kemajuan olahraga Kabupaten itu.

Sesuai petunjuk dan perda yang telah diterbitkan, Pemkab Solok Selatan mewajibkan kepada Pemerintahan Nagari untuk menganlokasikan anggaran dana desa mereka sebesar Rp100 juta untuk kepentingan olahraga.

"Dana tersebut bisa diperuntukan untuk pembangunan sarana dan prasarana, kegiatan olahraga serta pembinaan," katanya.

Ia berharap, ke depan para wali nagari bisa bersinergi dengan KONI Solok Selatan dalam pengembangan olahraga supaya cita-cita menjadikan Solok Selatan sebagai gudang prestasi bisa terlaksana.

Sementara itu, Ari Hendratno saat menerima piagam penghargaan tersebut mengatakan apa yang telah ia lakukan merupakan sebuah bentuk kecintaannya terhadap olahraga, terutama olahraga dirgantara di cabang olahraga aero sport.

"Program ini kita fasilitasi dari dana desa. Dan kedepan, kita juga akan membuat program-program lain yang berkaitan dengan olahraga," ujarnya. (*)