Ini Target Selesai Pembangunan Pasar Padang Panjang

id PASAR PADANG PANJANG

Ini Target Selesai Pembangunan Pasar Padang Panjang

Suasana Rapat Koordinasi pembangunan Pasar Padang Panjang antara pelaksana Proyek dari PT Hutama Karya, Pedagang dan Pemkot Padang Panjang di Balai Kota setempat, Selasa (5/12) (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni Kusuma)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - PT Hutama Karya menjamin pembangunan pasar pusat Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, selesai akhir tahun ini setelah sempat diragukan oleh pedagang setempat.

Pelaksana proyek pembangunan pasar Padang Panjang dari pihak PT Hutama Karya Defi Adrian di Padang Panjang, Selasa (5/12), menyatakan optimistis pasar yang dibangun melalui tahun jamak itu bisa diselesaikan akhir tahun ini.

Hal itu disebutkannya dalam rapat koordinasi antara pihak pelaksana proyek, para pedagang dengan Pemkot Padang Panjang.

Rapat yang dipimpin Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Padang Panjang, Indra Gusnady itu berlangsung alot di Balai Kota setempat.

Proyek tahun jamak senilai Rp106 miliar dari APBD Padang Panjang tersebut, memang sempat dikhawatirkan tidak akan selesai akhir tahun ini.

Namun hal tersebut ditampik Defi Adrian, selaku kepala palaksana proyek pembangunan pasar Padang Panjang.

Ia menegaskan, pihaknya menjamin akhir Desember tahun ini pembangunan ke tiga blok pasar Padang panjang, blok A, B dan C bisa selesai dikerjakan.

"Kendala terberat kami adalah hujan, terutama pada sejumlah item pekerjaan diluar ruangan. Per hari ini bobot pekerjaan sudah mencapai 82 persen. Untuk blok A dan B tinggal penyempurnaan, yakni keramik lantai dan pintu rolling," ujarnya.

Ia mengakui khusus pada blok C masih banyak pekerjaan yang dikebut penyelesaiaannya, namun dia optimis bisa diselesaikan akhir tahun ini.

"Khusus blok C memang masih cukup banyak item yang harus dikebut, seperti pemasangan bata meja kios lantai dasar, plaster dan aci serta WC," terangnya.

Untuk menuntaskan pekerjaan yang masih tertinggal itu, pihak PT Hutama Karya mendatangkan tenaga pekerja sebanyak 130 orang.

"Saya yakin dengan penambahan 130 pekerja dari 195 orang yang sudah ada sekarang, volume pekerjaan dapat dikejar, sesuai tenggat waktu akhir Desember nanti," katanya.

Plt Sekda Padang Panjang, Indra Gusnady meminta agar PT Hutama Karya dapat memacu pekerjaannya, karena sisa waktu akhir tahun anggran 2017 tinggal tiga pekan lagi.

"Kalau memang harus menambah jumlah pekerja, segera lakukan, jangan ditunda-tunda. Karena para pedagang di lokasi penampungan sudah sangat mendesak, pasar baru tersebut dapat mereka pakai pada akhir tahun ini," ujarnya.

Sekda pun berharap agar para pedagang tidak usah terlalu resah dan jangan sampai terpancing dengan informasi yang tidak jelas.

"Sesuai penegasan Wali Kota, kita dari Pemko Padang Panjang akan mengawal dan mengawasi proyek ini, agar bisa berjalan sesuai target yang sudah ditetapkan, yakni akhir Desember 2017," jelasnya. (*)