Diskominfo Sijunjung ikuti Rapat Kerja Teknis Nasional

id #Rakernis #Kominfo #sijunjung

Diskominfo Sijunjung ikuti Rapat Kerja Teknis Nasional

Kepala Diskominfo Sijungjung (Batik Hijau) sedang mengikuti Rakernis Nasional di Jakarta. (bb)

Muaro (antarasumbar) Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sijunjung mengikuti rapat kerja teknis nasional yang membahas tata kelola informasi dan komunikasi publik yang efektif.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai Senin (4/12) hingga Rabu (6/12) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta yang dibuka langsung Menteri Kominfo Rudi Antara.

Kegiatan ini bertema "Sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam membangun tata kelola informasi dan komunikasi publik yang efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik".

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Niken Widiastutimengatakan Rapat Kerja ini bertujuan agar terbentuknya sinergitas pemeritah pusat dan pemerintah daerah dalam membangun tata kelola informasi dan komunikasi publik yang efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik bagi masyarakat.

Ia juga mengatakan komunikasi dan informasi dalam pembangunan politik mempunyai peranan untuk mewujudkan kebebasan pers yang lebih mapan dan terlembaga.

Selain itu, menjamin hak masyarakat luas untuk berpendapat dan mengontrol jalannya penyelenggaraan negara secara cerdas dan demokratis.

"Mewujudkan pemerataan informasi yang lebih besar dengan mendorong dan melindungi munculnya media-media masa daerah yang independen, mewujudkan deregulasi yang lebih besar dalam bidang penyiaran sehingga lebih dapat menjamin pemerataan informasi serta nasional dan mencega monopoli informasi, " ujarnya.

Kemudian menciptakan jaringan informasi yang lebih bersifat interaktif antara masyarakat dan kalangan pengambil keputusan politik untuk menciptakan kebijakan yang lebih muda dipahami masyarakat luas.

Begitu juga untuk memanfaatkan jaringan teknologi informasi yang lebih komprenshif kepada masyarakat internasional supaya tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat meletakkan indonesia pada posisi politik yang menyulitkan, tambahnya.

Dikatakan bahwa sasaran utama rakenis adalah pemerintah daerah dapat menyusun dan melaksanakan kebijakan untuk mencapai sasaran pembangunan dan pelayanan masyarakat di bidang urusan informasi dan komunikasi publik yang sejalan dengan kebijakan nasional.***