Kwarcab 0308 Pasaman Raih Predikat Tergiat I Tingkat Sumbar

id pramuka

Kwarcab 0308 Pasaman Raih Predikat Tergiat I Tingkat Sumbar

Ilustrasi - Pramuka. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Kwartir Cabang (Kwarcab) 0308/Pasaman, Sumatera Barat, berhasil meraih Piagam Predikat Tergiat I dalam ajang penilaian gerakan Pramuka Tergiat tingkat Sumbar 2017.

Sekretaris Kwarcab Pasaman Nazri Can di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno diraih oleh Kwarcab 0308/ Pasaman setelah adanya penilaian oleh Kwarda 03 Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Barat.

"Kita berharap prestasi seperti ini ke depan terus berlanjut dengan semakin aktifnya program kegiatan Pramuka mulai tingkat Kwarcab hingga Kwartir Ranting," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan kepramukaan itu merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang dapat mencetak generasi bangsa berkualitas, mandiri dan terampil sesuai dengan tujuan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Sementara itu, Ketua Kwarcab 0308/ Pasaman M. Saleh mengatakan sangat bersyukur dan bangga dengan prestasi yang telah diraih tersebut.

"Ini perlu ditingkatkan lagi. Jangan cepat berpuas diri dan selalu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya di bidang kepramukaan," katanya.

Menurutnya, penghargaan yang telah diraih tersebut tidak terlepas dari dukungan semua komponen baik dari komponen pengurus kwarcab, pengurus Kwaran, pemerintah daerah dan masyarakat.

"Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah yang telah memfasilitasi sarana dan pendanaan termasuk kantor sekretariat. Selain itu juga ada kendaraan operasional dan bumi perkemahan seluas 35.000 M2," ujarnya.

Untuk pendanaan katanya pemerintah daerah telah memberikan bantuan sebesar Rp1,5 miliar sejak periode 2012-2017. (*)