Niat Menjala Ikan Justru Buaya yang Terjerat

id Buaya

Buaya. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Muara Teweh, (Antara Sumbar) - Seekor buaya jenis moncong panjang (Gavialis gangeticus) terjerat rengge, alat tangkap ikan jenis jala, milik warga di Sungai Butong yang merupakan anak Sungai Barito di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Keberadaan buaya sepanjang 3 meter itu diketahui Mehliadi, warga Desa Butong, Kecamatan Teweh Selatan, Senin pagi (4/12), saat memeriksa renggenya yang biasa dipakai mencari ikan.

Warga Muara Teweh Junio Suharto menuturkan, saat ditemukan buaya tersebut tidak bisa bergerak karena terjerat jala.

Saat mengangkat jala, Mehliadi mengira renggenya menangkap ikan besar, tetapi setelah rengge diangkat ke permukaan ternyata di dalamnya seekor buaya sebesar pohon kelapa.

"Lokasi ditemukannya buaya itu sekitar 100 meter sebelum Danau Butong yang berada di hulu Sungai Butong. Saat ini air sungai sedang dalam atau naik," kata Junio yang juga punya kerabat Desa Butong tersebut.

Dia mengatakan keberadaan buaya moncong panjang juga pernah ditemukan sekitar tahun 90-an, dulu juga ditangkap warga saat terjerat jala, tetapi ukurannya lebih kecil.

"Lokasi terjeratnya buaya itu juga tidak jauh dari lokasi ditemukan sekarang atau berseberangan," ujar Junio yang juga Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Barito Utara ini.

Saat ini buaya tersebut sudah diamankan warga di Desa Butong dan rencananya akan diserahkan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Barito Utara untuk selanjutnya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam setempat. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar