Penampilan Kesenian, Tarian dan Musik Meriahkan HUT ke-47 Kota Solok

id Alang Bangkeh Art Festival

Penampilan Kesenian, Tarian dan Musik Meriahkan HUT ke-47 Kota Solok

Penampilan tari piring lampu togok pada Alang Bangkeh Art Festival, Minggu malam. (3/12) (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Penampilan kesenian, tarian, dan musik oleh Alang Bangkeh Art Festival ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 Kota Solok yang digelar di halaman Balaikota setempat, Minggu malam.

Ketua Panitia sekaligus Director Alang Bangkeh, Zulfikar Rizky di Solok, Minggu malam (3/12) mengatakan arti alang adalah sejenis kendaraan sedangkan bangkeh yaitu kekuatan, kemandirian dan keyakinan.

"Secara umum artinya sebuah kepercayaan yang diiringi dengan keberanian dan keyakinan untuk mendapatkan hasil yang maksimal," ujarnya.

Ia menyebutkan peserta berasal dari Kota Solok, Kalimantan, Padang Panjang, dan Aceh.

Pertunjukan yang ditampilkan musik, tari piring di atas kelapa, tari piring lampu togok, shalawat dulang, tari pendet, tari dari kalimantan, dan tari dari Aceh.

"Untuk mempersiapkan itu semua, kita sudah latihan sekitar enam bulan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Solok, Elvi Basri mengatakan mendukung kegiatan sanggar seni Alang Bangkeh yang terdiri dari anak muda.

"Semoga dapat meningkatkan kunjungan wisata, menumbuhkan jiwa seni pada masyarakat dan menjadikan generasi muda semakin kreatif," ujarnya.

Ketua DPRD Solok Yutris Chan mengatakan sangat bangga kepada pemuda Kota Solok yang menggagas acara seni dan mengundang penari dari berbagai daerah.

"Yang punya sanggar seni dikumpulkan, secara global ditampilkan. Kalau tidak kita dukung akan semakin tertinggal.

Silahkan berkreasi, akan kami dorong selama kegiatan ini positif," ujarnya.

Ia mengatakan bundo kandung dan LKAAM juga terus mendukung program pemerintah apalagi dalam mengembangkan seni dan tradisi pada generasi muda.

Wali Kota Solok, Zul Elfian diwakili staf ahli bidang pemerintahan dan politik mengharapkan agar masyarakat ikut mendukung even ini sehingga semakin maju dan besar lagi.

Ia berharap generasi muda terus menggali potensi dan meningkatkan belajar seni sehingga dapat membantu melestarikan budaya dan adat daerah. (*)