Kopertis X Perkuat Kesempatan Dosen Mendapat Dana Hibah Penelitian

id Novi Siti Kussuji

Akademisi UGM Yogyakarta Dr Novi Siti Kussuji Indrastuti saat memberikan materi dalam Workshop Pemenangan Hibah Penelitian Kopertis X, di Padang, Senin (4/12). (MR Denya U/ANTARA SUMBAR)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah X memperkuat kesempatan dosen mendapat dana penelitian dengan menggelar Workshop Pemenangan Hibah Riset, Senin.

"Pelatihan ini sebagai upaya Kopertis dalam memperkuat kualitas penelitian dosen dan pengembangannya, " kata Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan Ely Susanti, di Padang.

Menurutnya sebagai salah satu prioritas Kemenristekdikti, penelitian menjadi kewajiban semua dosen di Indonesia.

Pada perkembangannya penelitian membutuhkan dana dengan jumlah beragam.

Tentu akan berat bila penelitian dilakukan oleh sendiri dan biaya pribadi, workshop ini menjadi kesempatan penelitian dengan hibah.

"Dalam hal ini ada pembagian informasi oleh reviewer penelitian nasional untuk memperkuat pengetahuan dosen, " ujarnya.

Dia berharap ratusan dosen yang berasal dari kampus di seputar empat provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau usai pelatihan dapat peluang hibah.

Ini menjadi kesempatan dosen juga untuk melihat trik dan saran yang diberikan dan mudah dalam pemenangan hibah.

"Ini menjadi langkah Kopertis mengangkat potensi sekaligus memotivasi dosen dalam meneliti, " kata dia.

Sementara itu akademisi dari UGM Yogyakarta, Dr Novi Siti Kussuji Indrastuti menilai workshop untuk hibah penelitian cukup penting sebagai strategi pengembangan penelitian.

Salah satu strategi yang perlu diperhatikan yakni penulisan proposal harus sesuai format, tertib, cermat dan disiplin.

Kegiatan Workshop ini diikuti oleh 100 orang dosen dari berbagai kampus di empat provinsi di bawah pengawasan Kopertis X.

Selain menghadirkan Dr Novi Siti Kussuji Indrastuti, kegiatan ini juga mendatangkan Dr Amir Husni dalam pemetaan arah penelitian dosen. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar