Sejumlah Seniman Tradisi Minang akan Tampil di Festival Seni Europalia

id Seniman Tradisi Minang

Sejumlah Seniman Tradisi Minang akan Tampil di Festival Seni Europalia

Sejumlah seniman tradisi Minangkabau Sumatera Barat akan tampil dalam Festival Seni Europalia. (ist)

Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah seniman tradisi Minangkabau Sumatera Barat dijadwalkan tampil dalam ajang Festival Seni Europalia yang akan mengunjungi empat negara di kawasan benua Eropa pada Desember 2017.

Pimpinan Nan Jombang Dance Company, Eri Mefri di Padang, Senin, mengatakan selain Nan Jombang, terdapat beberapa grup kesenian tradisi lain yang akan tampil dalam ajang tersebut

"Ada empat grup kesenian tradisi yang akan berangkat ke Europalia bersama dengan Nan Jombang," katanya.

Ia menyebutkan ke empat grup itu di antaranya adalah Grup Silek Sarik Sati Rantau Batuah serta Saluang Dendang dari Langkok Grup yang sama-sama berasal dari Padang.

Selain itu juga terdapat dua grup kesenian Salawaik Dulang, yaitu Grup Sinar Berapi dan Panah Arjuna yang berasal dari Batusangkar.

"Rombongan akan berangkat pada 5 dan kembali pada 14 Desember untuk mengunjungi Belanda, Belgia, Perancis dan Austria," ujarnya.

Ia menambahkan seluruh grup yang berangkat ini sebelumnya sudah pernah tampil dalam Festival Nan Jombang Tanggal 3 yang diadakan setiap bulan sejak lima tahun lalu.

"Setelah mengalami banyak kendala dalam persiapan keberangkatan, akhirnya para seniman tradisi ini dapat tetap ikut dalam festival berkelas internasional tersebut," tambahnya.

Selain empat grup di atas, Nan Jombang sendiri akan menampilkan tarian berjudul Rantau Berbisik dengan durasi lebih kurang satu jam.

Sementara itu pelaku seni Salawaik Dulang dari Grup Sinar Berapi, Jhon Cakra mengharapkan kesenian yang digelutinya dapat dikenal hingga mancanegara.

Sebab menurutnya kesenian Salawaik Dulang sangat jarang dipertunjukkan hingga ke luar negeri.

Ia juga mengharapkan agar hal ini menjadi motivasi bagi generasi muda untuk kembali mengenali kesenian tradisi Minang tersebut.

"Melalui kesempatan melakukan pertunjukan ke luar negeri ini, semoga generasi muda kembali tertarik untuk mengenali serta mempelajari kesenian Salawaik Dulang," katanya. (*)