HPN 2018 - Diskominfo Sumbar Gelar FGD Menyiapkan Buku Panduan HPN

id #HPN #Diskominfo Sumbar

HPN 2018 - Diskominfo Sumbar Gelar FGD Menyiapkan Buku Panduan HPN

Kepala Dinas Komindo Yeflin (kanan), Yongki Salmeno dan Basril Basyar (kiri) dalam forum group diskusi. (bb)

Padang (antara sumbar) Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Barat menggelar Fokus Group Diskusi (FGD) untuk menyiapkan buku panduan agenda peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Kegiatan FGD yang melibatkan perwakilan media, perwakilan instansi pemerintah provinsi dan rewalan teknologi informasi dan komunikasi berlangsung di Aula Kantor Diskominfo Sumbar, Jalan Pramuka Padang, Sabtu.

Dinas Kominfo juga mendatangkan pembicara dalam FGD yakni Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar Basril Basyar dan juga praktisi dan penulis Yongki Salmeno.

Kepala Dinas Kominfo Yeflin menyampaikan, tujuan dilakukan FGD ini dengan melibatkan berbagai unsur agar mendapatkan masukan terhadap draf buku yang sudah disiapkan tim.

Menurut dia, penyempurnaan buku panduan HPN ini penting, sehingga saat dibawa ke rapat panitia besar tingkat provinsi tidak banyak koreksian lagi.

Buku panduan yang disiapkan isinya adalah terkait dengan sejarah pers di Sumbar, yang juga akan mengurai tentang tokoh-tokoh Pers asal Ranah Minang.

Kemudian juga akan memuat tentang agenda rangkaian kegiatan pra HPN hingga pelaksanaan pada hari puncaknya pada 9 Februari 2018. Juga mengupas sekilas obyek-obyek wisata adalah Sumatera Barat, termasuk sebagai lembaran pendukung panitia penyelenggara.

"Kami berharap akan mendapatkan masukan dan koreksian untuk penyempurnaan buku panduan tersebut, karena ada narasumber dan tambah dengan peserta dari beragam kalangan," ujar Yeflin.

Basril Basyar dalam paparannya menyampaikan, agar buku panduan yang disiapkan memuat tahapan dan rangkaian kegiatan didalamnya.

Selain itu, tak kalah pentingnya bagaimana sistem pendaftaran peserta yang ikut nanti, karena jumlah bisa sampai 3500 orang jurnalis se-Indonesia.

"Ada baiknya mengacu juga pada item item rangkaian kegiatan HPN sebelumnya, meskipun namanya sesuai khas daerah seperti jamuan makan malam diganti dengan makan bajambah,"sarannya.

Penyelemggaran FGD Indra Sukma mengatakan, rekomendasi dan saran peserta akan diakomodir termasuk membentuk tim kecil untuk menuntaskan buku panduan tersebut.

Ia berharap, buku bisa diedarkan dan distribusikan sesuai rencana pada minggu terakhir Januari 2018, maka waktu yang tersisa bisa disempurnakan.***