DPRD Sayangkan Pariaman Triahtlon Kerahkan Pelajar

id pariaman thriatlon

DPRD Sayangkan Pariaman Triahtlon Kerahkan Pelajar

Sejumlah atlet Pariaman Internasional Triathlon bersiap-siap sebelum memulai lomba. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar).

Pariaman, (Antara Sumbar) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman Sumatera Barat menyayangkan even Pariaman Internasional Triathlon yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pariaman mengerahkan para pelajar untuk meramaikan kegiatan tersebut.

"Kalau memang benar itu merupakan arahan dan instruksi agar para pelajar sengaja diliburkan belajar hanya untuk meramaikan kegiatan, kami rasa itu tidak pantas," kata Ketua DPRD Pariaman Mardison Mahyuddin, di Pariaman, Sabtu.

Pihaknya mengatakan kewajiban seorang anak didik adalah menimba ilmu di bangku sekolah selama Proses Belajar Mengajar (PBM) berlangsung.

Namun kata dia, kegiatan Triathlon tersebut dinilai sudah menyita waktu anak didik serta menggorbankan sektor pendidikan secara umum, hanya untuk meramaikan even pariwisata daerah.

Ke depan kata dia, pihak legislatif meminta agar pemerintah daerah khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mempertimbangkan waktu pelaksanaan agar tidak berbenturan dengan kepentingan dunia pendidikan dan sektor lainnya.

"Kewajiban anak didik adalah menimba ilmu di bangku sekolah, bukan untuk direkayasa meramaikan suatu kegiatan seperti Triathlon," ujarnya.

Kegiatan atau even pariwisata ujarnya, sebaiknya diadakan pada saat hari libur sehingga tidak mengganggu kegiatan yang lebih penting, kemudian akan lebih ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Kanderi membenarkan para pelajar memang diarahkan untuk meramaikan kegiatan tersebut.

"Para pelajar memang diarahkan untuk meramaikan kegiatan, namun setiap hari Sabtu anak didik Sekolah Dasar tidak menjalani PBM melainkan pengembangan diri dan ekstrakurikuler saja," kata dia.

Selain itu para pelajar SD pun pada hari Senin (4/12) mulai melakukan ujian semester sehingga hari ini tidak begitu banyak kegiatan di sekolah masing-masing.

Apalagi katanya, para anak didik di sebagian sekolah hari ini juga mengadakan kegiatan peringatan Maulid Nabi SAW. Setelah mengikuti acara itu pelajar langsung melihat dan meramaikan Pariaman Triathlon.

"Hal tersebut lah yang menjadi berbagai pertimbangan para pelajar diarahkan untuk meramaikan kegiatan," ujar dia.

Jumlah pelajar yang dikerahkan untuk meramaikan kegiatan tersebut melibatkan tiga sekolah diantaranya SDN 18, SDN 02 dan SDN 03 yang berlokasi di sekitar kegiatan itu. (*)