Andy Wibowo Peringkat Satu Olympic Distance Triathlon

id Thriatlon

Andy Wibowo Peringkat Satu Olympic Distance Triathlon

Atlet lari gawang putra Sumatera Barat, Irwan Suadi (kiri) beradu cepat dengan rekannya, Nanda Marantika (kanan) pada babak final nomor lari gawang putra 400 meter PON Remaja I/2014 di Lapangan Atletik Unesa, Surabaya, Jatim, Kamis (11/12). Dalam nomor tersebut medali emas diperoleh oleh atlet Sumatera Barat, Irwan Suadi, medali perak oleh Nanda Marantika dan medali perunggu oleh atlet Sumatera Selatan, M Mursit. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Koz/ama/14. ()

Pariaman, (Antara Sumbar) - Atlet Triathlon asal Bali Andy Wibowo berhasil menyabet peringkat satu kategori Olympic Distance pada kegiatan Pariaman Internasional Triathlon 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat.

"Andy Wibowo berhasil mencatatkan waktu tercepat yaitu 1 jam 55 menit, kemudian disusul oleh Muhammad Taufik dengan perolehan waktu 2 jam 5 menit 2 detik dan peringkat tiga diraih oleh Alberd catatan waktu 2 jam 6 menit 2 detik," kata Even Organizer Pariaman Triathlon Tense di Pariaman, Sabtu.

Sedangkan untuk kategori Standard Distance perempuan juara pertama disabet oleh Rosanna Bille dengan perolehan waktu 2 jam 13 menit 43 detik. Kemudian disusul oleh atlet asal Pariaman Eva Desiana dengan catatan waktu 2 jam 16 menit 34 detik.

Untuk posisi ketiga disabet oleh atlet Inge Prasetyo dengan catatan waktu 2 jam 21 menit 58 detik, kata dia.

Sedangkan untuk kategori Sprint Distance laki-laki peringkat pertama disabet oleh Andi Gumilang dengan catatan waktu 1 jam 1 menit 32 detik. Peringkat dua ditempati oleh Rori Satria Putra dengan perolehan waktu 1 jam 2 menit 11 detik.

"Untuk peringkat ketiga diraih oleh Hari Rohman dengan catatan waktu 1 jam 2 menit 34 detik," katanya.

Selanjutnya untuk perempuan kategori yang sama peringkat pertama disabet oleh Sarah Virginia C dengan catatan waktu 1 jam 11 menit 2 detik. Atlet Tara Kumari Subba menduduki posisi dua dengan perolehan waktu 1 jam 15 menit 12 detik. Sedangkan peringkat ketiga disabet oleh atlet Luthfilah Reindra Madjid dengan raihan waktu 1 jam 17 menit 1 detik.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan kegiatan Pariaman Internasional Triathlon untuk memacu peningkatan dunia pariwisata.

"Kegiatan ini telah diadakan sebanyak empat kali dengan tujuan untuk mendongkrak sektor pariwisata Pariaman," kata dia.

Total ada 10 even penting yang diadakan oleh pemerintah Kota Pariaman secara berkala salah satunya Pariaman Internasional Triathlon.

Sebanyak tujuh negara berpartisipasi dalam ajang olahraga internasional Pariaman Triathlon yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pariaman.

"Tujuh negara peserta tersebut di antaranya Jepang, Prancis, Hongaria, New Zealand, Portugal, Spanyol dan Indonesia," katanya.

Terkait anggaran untuk melaksanakan even internasional tersebut pemerintah daerah menggelontorkan biaya hingga Rp1,2 miliar termasuk total Rp350 juta alokasi bagi para juara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pariaman Elfis Candra mengatakan Pariaman Triathlon terbagi atas dua kategori yaitu Olympic Distance dan Sprint Distance.

Ia menjelaskan Olympic Distance para peserta akan berenang sejauh 1.500 meter di laut bebas, bersepeda 40 kilometer dan lari sejauh 10 kilometer. Sedangkan Sprint Distance peserta akan berenang 750 meter, bersepeda 20 kilometer dan lari 5 kilometer. (*)